Share

BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Bondowoso menggelar uji publik kajian lingkungan hidup strategis RPJMD tahun 2018-2023, di Aula Shaba Bina 2, Senin (5/11).

Plt. Sekda Karna Suswandi, menerangkan,
bahwa RPJMD ini dibahas dalam rangka untuk menyelaraskan dengan visi dan misi Bupati dan wakil Bupati Bondowoso. Termasuk, disesuaikan juga dengan pembangunan nasional.

“Di sisi lain bahwa pembangunan RPJMD ini juga harus mempertahankan lingkungan hidup yang ada,” tutur Karna Suswandi.

Ia mengaku bahwa dalam RPJMD 2018-2023 ini sedikitnya ada 17 tujuan dan 100 sekian indikator.  Semua itu masih perlu mendapatkan masukan dari berbagai elemen masyarakat. Sehingga, berbagai pembangunan yang belum tercover bisa disampaikan dalam uji publik ini. Ujungnya, bisa mempercepat capain-capain yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso.

“Sehingga kita bisa menampung semua aspirasi yang ada. Paling tidak, dari 17 tujuan dan 100 indikator itu akan lebih mengakomodir semua keinginan masyarakat. Utamanya terhadap visi misi Bupati,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Karna, usai uji publik maka pihaknya akan membawa hasil ini ke DPRD untuk disahkan yang selanjutnya akan dibawa ke Gubernur Jatim.

 

Baca Juga : Bupati Salwa Lepas Peserta Jakasopan 2018

 

Sementara itu, Ketua DPRD Tohari, mengatakan, bahwa perencanaan dan penganggaran ini yang kemudian sekarang jadi RPJMD, lima tahunan. Semua ini akan merangkum dan memuat visi dan misi Bupati.

“Tentunya ini harus didiskusikan betul karena ini perencanaan kita lima tahun kedepan. Kita tidak ingin, mudah-mudahan RPJMD ini tidak ada perubahan justru karena tidak tercapai,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Ia pun mengingatkan agar perencanaan lima tahun ke depan ini dilakukan secara objektif. Artinya, disesuaikan dengan kemampuan baik dari sumber daya alam di Bondowoso.

“Tentunya kita tidak akan menarget setinggi langit kemudian tidak tercapai. Tapi bagaimana ini, kalau saran saya bagaimana objektif,” pungkas laki-laki yang kembali maju di Pileg 2019 dapil empat.

Tampak hadir, sejumlah kepala OPD, Asisten 1 Pemkab yang sekaligus Plt. Kepala Bappeda Agung Trihandono, sejumlah Anggota DPRD dari PPP dan PDIP, serta seluruh elemen masyarakat dari berbagai organisasi.(och)