BONDOWOSO – Masuki tatanan kehidupan baru, sebanyak 34 objek wisata di Kabupaten Bondowoso bakal segera dibuka. Rencananya, pembukaan objek wisata akan dilakukan pada pertengahan Juli 2020 namun masih menunggu keputusan Peraturan Bupati (Perbup).

Ketua Komisi 3 DPRD Bondowoso, Sutriyono menjelaskan, dari 34 objek wisata di Bondowoso hanya 14 diantaranya yang akan dibuka tahap awal sebagai bahan evaluasi. Karena kondisi penyebaran Covid-19 di kota Tape masih menunjukkan peningkatan.

“Harus ada tempat cuci tangan, pakai masker, physical distancing, kapasitasnya juga 50 persen,” jelasnya usai rapat koordinasi bersama Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Diaparpora), Selasa (30/6/2020).

 

Baca Juga : Puluhan Kader Gelar Aksi Damai Sikapi Pembakaran Bendera PDIP

 

Menurutnya, selain menunggu Perbup dan kebutuhan dasar lengkap pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengetahui SOP yang disusun.

Sementara itu, Sekretaris Disparpora Bondowoso, Retno Wulandari mengatakan bahwa simulasi tahap awal akan dilakukan di destinasi wisata alam terbuka. Namun pihaknya masih melihat kondisi penyebaran Covid-19 di Bondowoso.

“Kita tekankan agar pengelola destinasi wisata benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Nanti akan kita buatkan stiker, ditempel yang sudah layak. Kita akan evaluasi,” tegasnya.

Bahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pengelola jasa usaha parwisata dan pengelola destinasi baik yang dikelola pemerintah maupun swasta. Sekaligus menginventarisir segala perlengkapan yang dibutuhkan.

“Terkait anggaran kita Rp.800 juta kita siapkan untuk persiapkan untuk tatanan kehidupan baru, ” tutupnya. (abr)