Share

SITUBONDO – Gelombang pasang atau banjir rob melanda Dusun Pesisir, RT01/RW06, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Banjir rob ini terjadi selama dua hari, Kamis dan Jumat, 4-5 Juli 2024.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Situbondo, Puriyono mengatakan, akibat kejadian itu Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Landangan mengalami kerusakan di bagian lantai dan pondasi bangunan.

“Di TPI itu yang rusak bagian lantai jebol dan pondasi TPI tergerus ombak. Sehingga mengakibatkan kerugian materil hingga Rp50 juta,” ujarnya, Jumat, 5 Juli 2024.

Baca Juga : Bupati Situbondo Salurkan BLT Kepada Puluhan Penyandang Disabilitas

Selain merusak TPI, kata Puriyono, banjir rob juga merusak dapur rumah milik Sawi (71). “Rumah Pak Sawi kebetulan lokasinya berada di bibir pantai. Akibatnya korban mengalami kerugian sekitar Rp5 juta,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Puriyono menjelaskan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa tersebut. “Untuk korban jiwa maupun luka nihil,” tegasnya.

Puriyono menghimbau kepada masyarakat Situbondo yang tinggal di wilayah pesisir untuk selalu waspada. “Kami dari BPBD Situbondo menghimbau kepada warga yang tinggal di pesisir pantai untuk meningkatkan kewaspadaannya. Sebab, banjir rob masih berpotensi terjadi,” pungkasnya. (Ozi)