Share

SURABAYA – Salah satu cara mendukung dan meningkatkan produktifitas perikanan di wilayah Provinsi Jawa Timur melalui kegiatan pelatihan budidaya perikanan. Demikian disampaikan Kepala bidang (Kabid) Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, Ir Riyama Budiwati MM, Selasa (16/5).

Riyama mengatakan, tujuan utama diadakan pelatihan budidaya perikanan agar dapat meningkatkan keterampilan dan produktifitas pembudidaya ikan. “Untuk meningkatkan Keterampilan, Kemampuan Produktifitas Pembudidaya ikan maka perlu adanya kegiatan Pelatihan. Sala satunya di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengembangan Budidaya Air Tawar (PBAT) Umbulan, Pasuruan,” katanya.

Diungkapkannya, materi yang diberikan seperti teknik budidaya ikan Nila mulai dari persiapan lahan, pengendalian kualitas air, manajemen induk dan benih nila, pembesaran ikan nila,aplikasi probiotik dan pembuatan pakan mandiri. “Selain pemberian materi, kegiatan praktek secara langsung juga dilakukan oleh para peserta yang dibimbing oleh instruktur yang kompeten dibidangnya,” ungkapnya.

 

Baca Juga : Ribuan Peserta Semarakkan Festival Rujak Uleg Surabaya

 

Ditambakannya, melalui kegiatan ini,diharapkan peserta lebih cepat memahami sekaligus mempraktekkan materi yang telah diberikan dan target yang diharapkan bisa tercapai. “Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta.Dan akan mendapatkan hasil yang diharapkan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengembangan Budidaya Air Tawar (PBAT) Umbulan yang merupakan salah satu UPT budidaya dalam pengembangan budidaya ikan air tawar di Desa Sidepan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan ini di ikuti 30 orang pembudidaya ikan yang berasal dari 10 Kabupaten / Kota antara lain Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sampang.(sga)