Share


BONDOWOSO – Sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi mengikuti bimbingan teknis yang diselanggarakan oleh KPU Bondowoso, di Aula Hotel Grand Padis, Senin (28/1). Mereka diberi pembekalan tugas dan fungsi sebagai relawan demokrasi. Sebelumnya para relawan demokrasi ini mengikuti serangkain tes seleksi ketat yang dilakukan pihak KPU setempat.

Ketua KPU Bondowoso, Hairul Anam, dalam pemaparannya, menerangkan, para relawan demokrasi ini akan menyampaikan berbagai informasi tentang tahapan dan program penyelenggaran pemilu. Mulai dari, perencanaan, program, dan pelaksanaannya. Sampai proses hasil rekapitulasinya.

“Sehingga masyarakat nanti bisa utuh mendapatkan informasi, tidak sepotong-sepotong,” ujarnya.

Adapun perihal informasi pemilu yang juga perlu disampaikan kepada masyarakat yakni mengenai sistem pemilu, hingga tata cara teknis. Salah satu contoh, tata cara mencoblos, membuka dan melipat surat suara,dan lainnya.
Tak kalah pentingnya juga, kata Anam, relawan demokrasi juga memberikan pendidikan pemilih. Seperti bagaimana pemilih bisa ikut berperan aktif dalam proses pemuktahiran data pemilih.

“Jadi mereka alurnya tau. Ini perlu disampaikan oleh rekan-rekan. Ada kemudian info-info hoax, tentang jumlah pemilih yang sekian, sekian. Ini salah satu tugas saudara bagaimana memebrikan pendidikan pemilih kepada pemilih,” tutur Anam.

 

Baca Juga : Pemkab Ingatkan Alokasi DD/ADD Harus Tepat Sasaran

 

Kemudian, relawan demokrasi juga ditugasi untuk melakukan mobilisasi social, yakni pengarahan dan pengumpulan massa dalam rangka sosialisasi pemilu.

“Dari serangkain proses tadi, mulai dari sosialisasi pendidikan pemilih, mobilisasi social, yang diharapkan itu adalah partisipasi masyarakat. Endingnya itu, yang dinginkan dari terbentuknya relawan demokrasi,” ujarnya.

Informasi dihimpun, bahwa 55 relawan demokrasi ini nantinya akan dibagi ke dalam 11 segmen basis pemilih. Diantaranya yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, tokoh agama, disabilitas, marjinal, komunitas, berkebutuhan khusus, warga internet dan relawan demokrasi.

Para Relawan Demokrasi ini nantinya bekerja melakukan sosialisasi di 11 segmen tersebut, dan masing masing segmen terdiri dari 5 orang.(och)