Share

BONDOWOSO– Komisi Pemilhan Umum Bondowoso mensosialisasikan berbagai tahapan Pilkada 2018 di Pasar Prajekan, Senin (21/1). Sosialisasi ini akan di lakukan di lima pasar lainnya selama beberapa hari kedepan. Lima pasar dimaksud yakni pasar Prajekan, induk Bondowoso, Pujer, Maesan dan Wringin.

Saifullah, Komisioner KPU Bondowoso, mengatakan, sosialisasi dilaksanakan di pasar karena ini dinilai lebih efektif daripada datang door to door ke rumah warga.

“Ya kan ini pusat keramaian di mana semua segmen pemilih ada di pasar dengan berbagai aktifitasnya,” jelasnya.

Ia menguraikan dalam setiap sosialisasi bukan hanya dijelaskan mengenai tahapan Pilkada. Melainkan juga pehaman warga pemilih tenteng pentingnya keterlibatan mereka.

“Termasuk Coklit disosialisasikan di sini,” ujar Saifullah ditengah-tengah acara sosialisasi.

Baca Juga : KPUD Bondowoso Umumkan Hasil Tes Kesehatan Paslon, Ini Hasilnya

Tentu hal tersebut dilakukan untuk mencapai target kehadiran pemilih yakni 77,5 persen. Ia optimistis pihaknya bisa melampaui target kehadiran pemilih hingga 80 persen. Penyebabnya, karena pihaknya terus gelar sosialisasi melalui relawan demokrasi yang telah dibentuk. Selain itu juga pada 27Juni 2018 akan dilakukan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Jatm serta Plbup 2018.

Sementara itu, Siswanto, salah seorang warga desa Prajekan Lor, mengharapkan agar sosialisasi ini harus bisa dilakukan lebih sering. Utamanya, tentang tata cara mencoblos dan pentingnya kehadiran mereka.

“Biar nanti masyarakat bukan cuma tau kalau akan ada Pilbup dan Pilgub tapi juga tau tata cara mencoblos yang benar,” tegasnya.

Dodik, salah seorang pedagang mengaku dengan ada sosialisasi ini pihaknya jadi tau kalau ternyata pada 28 Juni 2018 bukan cuma pilbup tapi juga pilgub.

“Saya baru tau kalau juga milih gubernur di hari yang sama,” ujarnya.

Seperti diketahui, sudah ada dua pasang calon yang mendaftar ke KPU yakni, pasangan Dhafir-Dayat dan Salwa-Irwan. Kedua pasangan telah dinyatakan lolos tes kesehatan dan seluruh berkas administrasi telah dinyatakan lengkap. Selanjutnya, KPU akan penetapan calon pada 12 Februari 2018 mendatang. (och)