Share

BONDOWOSO – Dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang baik, Pemkab Bondowoso telah menyiapkan Aplikasi mutakhir bernama Sistem Administrasi dan Infomasi Desa (SAID). Aplikasi tersebut resmi dilaunching oleh Staf Ahli Menteri Desa di pendapa Bupati Bondowoso, Senin (10/7/2017).

Staf Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, bidang  Pembangunan dan Kemasyarakatan, Ir Ansar Husain, mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Bondowoso. Ia berharap SAID dapat menjadi formula untuk memecahkan masalah komplek yang terjadi di desa. Karena menurut dia, angka kemiskinan di desa lebih besar dari pada perkotaan. Tak hanya itu, Ansar berharap usia kerja produktif yang dipunyai desa bisa dapat diberdayakan dengan maksimal.

“Saya harap SAID ini dapat memaksimalkan potensi yang ada di desa. Mulai dari menurunkan angka kemiskinan dan memberdayakan masyarakat desa,” ungkapnya.

 

Baca juga : PAD Pariwisata Masih Kecil, Pemkab Bondowoso Diminta Lebih Kreatif

Dengan ditopang SDM yang baik, Sekretaris Daerah Hidayat optimis SAID yang sejak tahun 2016 telah diuji coba di 10 Desa dapat beropersi dengan maksimal. Sekda mengungkapkan SAID akan menyerap data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya. Karenanya dia optimis SAID akan memberikan dampak besar bagi kemakmuran masyarakat desa.

“Merupakan inovasi yang perlu diterapkan. Serta sata yang dapat dipertanggung jawabkan. Dengan SAID pula masyaralat dapat lebih aktif lewat aplikasi ini. Kita harapkan SAID menjadi trobosan untuk menggali potensi desa dan menjadikan keniskinan menurun,” tuntas Hidayat. (abr)