BONDOWOSO – SMK Pertanian Pembangunan Negeri I Tegalampel Bondowoso melaunching Buines Center Agro Purnama di lingkungan sekolah setempat, Jumat (17/7/2020). Adapaun unit dalam Business Centre tersebut berupa cafe, produk olahan pertanian dan pusat produk teknologi pertanian.

Kepala Sekolah SMK PP Tegal Ampel, Anik Sudiartini mengungkapkan, terobosan tersebut sebagai upaya meningkatkan kompetensi belajar mengajar peserta didik. Sebab, dalam manajemennya melibatkan siswa-siswinya secara langsung ke ke dalam dunia usaha.

Anik menjelaskan, Buines Center menampung seluruh produk buatan siswa-siswinya. Baik yang berada di jurusa Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Selain pemasaran produk melalui cafe, Buines Center juga memamerkan produk teknologi pertanian yang sudah meraih prestasi.

“Ini bisa diakses oleh masyarakat umum. Di sini mengajarkan dua hal. Yakni wirausaha dan prestasi,” terangnya.

 

Baca Juga : Muncul Dugaan Oknum Bermain dengan Vendor Nakal, Wabup Irwan Bentuk Satgas untuk Mencari

 

Adanya Business Centre diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di Bondowoso. Sebab, Ia optimistis ke depan juga akan menyerap produk milik Desa-desa sekitar.

“Nanti juga akan kami libatkan produk desa setempat,” harapnya.

Sementara Kacabdin Dinas Pendidikan Jatim, Sugiyono Eksantoso yang hadir dalam peluncuran tersebut mengapresiasi upaya SMK PP Negeri I Tegalampel. Ia berharap terobosan tersebut menjadi inspirasi untuk direplikasi oleh SMK pertanian yang lain.

“Ini sungguh lompatan yang luar biasa. Ini bukan hanya kebanggaan SMK PP tapi juga masyarakat Bondowoso. Bahkan kalau perlu warga Jawa Timur,” paparnya.

Kadis Pendidikan Provinsi Jawa Timur, lanjutnya, pasti bangga. Hingga dalam beberapa waktu depan dipastikan akan berkunjung dan melihat secara langsung

“Kalau perlu gubernur harus tahu. Ini tidak kalah dengan cafe-cafe yang lain,” terangnya. (abr)