Share

SITUBONDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) menyalurkan ratusan bantuan (pinjam pakai) Sarana dan Pra-Sarana (Sapras) perikanan tangkap dan Bantuan Sosial Uang (BSU) untuk ratusan nelayan yang ada di Kota Santri Pancasila, Senin (19/12/2022). Acara tersebut berlangsung di Kantor Pos Keamanan Laut (Kamla), Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan.

Dalam sambutannya, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menyampaikan dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa mendukung nelayan dalam menangkap ikan di laut. “Sehingga nantinya bisa meningkatkan pendapatan para nelayan. Kalau sudah seperti itu, maka secara otomatis kesejahteraan kelurga mereka juga meningkat,” ujarnya.

Oleh karena itu, pia yang akrab disapa Bung Karna ini berharap berbagai bantuan tersebut bisa digunakan dengan baik oleh para nelayan. “Saya telah meminta Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo untuk melakukan pendampingan kepada para nelayan. Sehingga bantuan ini benar-benar bermanfaat,” tegasnya.

Baca Juga : Bung Karna Bawa Pulang 2 Penghargaan Sekaligus di It Works Top Digital Awards 2022

Terkait permintaan nelayan yang membutuhkan pelampung, Pemkab Situbondo bakal mengalokasikan anggaran di P-APBD Tahun 2023. “Nanti Pak Kadis Peternakan dan Perikanan tolong diingatkan saya untuk pengadaan pelampung ini,” beber pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini.

Sementara itu, Kadisnakkan Situbondo, Achmad Junaidi, menjelaskan bantuan (pinjam pakai) Sarpras perikanan tangkap yang diberikan berupa 14 unit mesin perahu 24 PK; 83 set jaring trammel; 99 set jaring gill net; 50 unit genset; 181 buah coolbox; satu set perahu beserta mesin dan delapan buah mesin pengasapan ikan.

“Selain itu, kami juga menyalurkan Bantuan Sosial Uang (BSU -red) kepada 865 nelayan yang ada di Situbondo. Tadi secara simbolis kami serahkan kepada satu nelayan. Nilainya Rp600 ribu,” ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Wabup Nyai Hj. Khoirani; Kadisnakkan Achmad Junaidi; Forkopimka Panarukan dan puluhan nelayan yang ada di Kecamatan Panarukan. (Ozi)