Share

BONDOWOSO – Sebanyak 312 mahasiswa  Bondowoso  mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Daerah setempat. Beasiswa dimaksud yakni beasiswa Afirmasi untuk 162 mahasiswa dan beasiswa Reguler diberikan kepada 152 orang, dengan total anggaran sekitar Rp 789 juta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Endang Hardiyanti, menuturkan,  beasiswa afirmasi ini memasuki tahun ke empat. Mahasiswa yang mendapatkan dari tahun pertama, 2015, tetap mendapatkan sampai sekarang tahun 2018.

Di samping itu, beasiswa afirmasi ini khusus hanya diberikan pada mahasiswa asli Bondowoso yang kuliah di Universitas Jember. Alasannya, karena ini sesuai dengan kerjasama pemerintah kabupaten Bondowoso dengan Universitas negeri Jember.

“Untuk afirmasi ini yang kuliah di Unej Jember 17 orang, sisanya 33 adalah mahasiswa Unej kampus Bondowoso. Jadi lebih banyak anak Unej yang kuliah di Bondowoso,” ungkapnya.

 

Baca Juga : HUT Korpi, Bupati Salwa : Punya Peran Vital dalam Pembangunan

 

Sementara, pemberian beasiswa mahasiswa reguler ini dilaksanakan secara kompetitif. Dengan kuota setiap tahunnya, yakni 150 mahasiswa. Karena sifatnya kompetitif, maka belum tentu yang mendapatkan tahun 2017, mendapatkan lagi di tahun berikutnya. Penerima beasiswa reguler terbanyak tahun ini, dari IAIN Jember, yakni 110 orang. Sisanya tersebar di Perguruan Tinggi Negeri lainnya di Indonesia.

“Yang menerima tahun ini 150 orang dari total pemohon 354 mahasiswa yang tersebar di seluruh 11 Perguruan Tinggi negeri di Indonesia,” jelas Endang.

Bupati Salwa Arifin, saat menyerahkan secafa simbolis Beasiswa tersebut, mengatakan, bahwa beasiswa mahasiswa ini diharapkan dapat bisa meningkatkan angka partisipasi perguruan tinggi penduduk Bondowoso. Sehingga, bisa meningkatkan angka rata-rata lama sekolah, yang saat ini masih belum mencapai enam tahun, dari penduduk usia 15 tahun ke atas.

“Ya termasuk meningkatkan IPM, kita masih kisaran 64. Sehingga dengan kita memberikan beasiswa ini diharapkan bisa meningkatkan IPM. Ini untuk memberi motivasi bagi pelajar,” pungkasnya.(och)