BONDOWOSO – Peran dan fungsi koperasi dalam membantu keuangan masyarakat harus terus ditingkatkan. Untuk itulah, koperasi-koperasi yang sudah berdiri di Bondowoso saat ini harus terus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang menjalankannya.

Menyikapi hal tersebut, Diskoperindag Bondowoso melakukan pembinaan terhadap 64 Koperasi yang diselenggarakan di Aula Dekopinda, Rabu (19/4/2017). Pembinaan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dari SDM pengurus maupun pengawas Koperasi. Dalam pembinaan itu setiap peserta diajari tentang Akuntansi bagi KSP/USP Koperasi baik dengan praktik maupun teori.

Sunargi, Kabid Koperasi Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Bondowoso, mengatakan SDM dari pengurus koperasi harus terus ditingkatkan dengan pembinaan. Karena dengan SDM yang berkualitas maka akan mampu meningkatkan eksistensi, kredibiltas, serta akuntabilitas dari koperasi  itu sendiri. Dengan begitu, koperasi makin mampu meningkatkan fungsi sosialnya pada masyarakat.

Selain itu, koperasi juga bisa meningkatkan fungsinya dalam membantu keuangan masyarakat atau UMKM yang belum terjangkau oleh pihak perbankan. Dan yang tak kalah pentingnya, lanjut dia, koperasi harus mampu menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan.

“Dari dana yang diperoleh dari koperasi bisa dikembangkan untuk pengembangan usaha yang nantinya bisa menciptakan lapangan pekerjaan.” katanya pada Memo Indonesia. Rencana pembinaan koperasi tersebut menurutnya akan berlangsung selama dua hari. (och/esb)