BONDOWOSO – Komisi IV DPRD Bondowoso menyampaikan aspirasi kepala desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terkait pelaksanaan Pilkades serentak, Kamis (21/2/2020).

Ketua Komisi IV, Ady Kriesna, dikonfirmasi menerangkan, dalam kunker itu pihaknya menegaskan bahwa akan mendukung setiap pilihan yang diambil oleh DPMD dalam pelaksanaan Pilkades ini. Selama tak keluar dari peraturan perundangan-undangan.

Karena memang saat pertemuan tadi, katanya, pihaknya memperoleh keterangan sejumlah opsi-opsi rencana pelaksanaan Pilkades.

“Kita hanya menyarankan kepada DPMD, tolong cari opsi yang manfaatnya besar. Artinya, dari sisi peraturan perundangan tidak menimbulka residu hukum ketika dilaksanakan. Dan bisa menjembatani kondisi real di lapangan,” urainya.

 

Baca Juga : DPC Askonas Situbondo Gelar Muscab, Ketua Terpilih Ucapkan Terima Kasih

 

Diakui oleh Ketua DPC Golkar Bondowoso ini bahwa dalam kesempatan tersebut juga diterangkan tentang kekurangan anggaran Pilkades serentak dari anggaran yang sudah ditetapkan dalam APBD awal 2021.

Mengingat, pada APBD awal ini masih mengasumsikan anggaran Pilkades itu tanpa protokol kesehatan.

“Sehingga kemudian jumlah TPSnya ketika lebih dari satu. Anggarannya kan kurang,” ujar Ady.

Ia menegaskan bahwa Komisi IV menyerahkan sepenuhnya pada Pemda terkait jadwalnya itu . Selama itu tidak melanggar peraturan perundang-undangan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya.

Diberitakan sebelumnya, pda Senin lalu (18/1/2021) sejumlah Kepala Desa menemui Komisi IV.

Mereka meminta legislatif segera mendorong Pemerintah Daerah, dalam hal ini DPMD, untuk segera menentukan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak. Serta meminta agar biaya Pilkades serentak ditanggung APBD.(och)