Share
Wakasatreskrim Polrestabes Surabaya Kompol Bayu Indra Wiguno

Surabaya – Sebanyak 4.355 botol minuman beralkohol dengan berbagai merk berhasil disita Tim Satgas Pangan Polrestabes Surabaya di sebuah kafe tak berijin di kawasan Citraland, kemarin malam.

Wakasatreskrim Polrestabes Surabaya Kompol Bayu Indra Wiguno mengatakan, kafe yang berlokasi di dekat G-Walk Citraland itu didapati tidak memiliki surat ijin usaha perdagangan minuman beralkohol (SIUP-MB)

“Mereka tidak memiliki ijin untuk menjual minuman keras. Karena ada lokasi tertentu yang diperbolehkan menjual minuman keras,” katanya.

Diungkapkannya, razia di lokasi yang menjual minuman beralkohol ini merupakan bagian dari cipta kondisi menjelang bulan Ramadhan untuk meningkatkan kekhidmatan ibadah di bulan puasa, serta mencegah berbagai kejahatan dipicu konsumsi minuman beralkohol.

“Untuk pemilik akan dikenakan tindak pidana ringan kepada pengelola kafe. Besaran denda bagi pengelola, akan ditentukan pengadilan, di kemudian hari,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini, Satgas Pangan Polrestabes juga masih berkoordinasi dengan instansi Pemerintahan Kota Surabaya, untuk menggelar operasi pasar.

“Terutama untuk mengawasi dan memastikan agar tidak terjadi monopoli harga atau penimbunan barang dan akan mengawasi peredaran bahan pangan mengandung zat kimia berbahaya seperti boraks atau formalin,” pungkasnya. (sga)