Share

BONDOWOSO – Kecamatan Maesan memborong Piala kemenangan dalam Kontes ternak 2017. Bahkan, Piala setinggi sekitar satu meter untuk Juara umum pun dibawa pulang tahun ini.

Adapun kategori yang berhasil dimenangkan oleh peternak asal Maesan yakni kategori calon kereman menjadi Juara 1 dengan nilai 1.200 milik Kuswono. Kemudian kategori Keremen, dua sapi milik Kuswono, peternak Maesan ini menjadi Juara 1 dan 3.

Juara tiga kategori kereman memperoleh nilai 984. Sementara juara 1 mendapat nilai 1.220.

Wibowo Hartono, partner ternak Kuswono, mengatakan sapi miliknya ini jenis Simental. Ia bercerita bahwa sapinya ini sudah berusia sekitar empat tahun, dan selama tiga tahun berturut-turut menjadi Juara satu dalam kontes ternak di Kota tapai ini.

“Bukan cuma itu, tahun 2015 lalu sapi miliknya menjadi Juara 2 dalam kontes ternak di Lumajang dalam kategori calon ekstrem. Dan prestasi terbaru yakni Agustus 2017 kemarin menjadi Juara 1 di Kontes Ternak di Situbondo, untuk kelas yang sama,” ungkapnya.

 

Baca Juga : Super Jumbo, Juara Bertahan Kontes Ternak ini Primadona Pengunjung

 

Camat Maesan, Riski Idam Lukmana, ditemui awak media usai Kontes Ternak, mengatakan sangat bangga atas Juara Umum yang diperoleh kecamatan yang dipimpinnya. Ia berharap peternak sapi ini semakin berkembang dan berkoordinasi dengan petugas Inseminasi Buatan yang ada di kecamatan. Sehingga sapi-sapi di Maesan bisa terpantau baik kuantitas maupun kualitasnya.

Adapun pemenang lainnya untuk kategori Calon kereman dalam Kontes ternak 2017, yakni juara 1 dimenangkan sapi milik Kuswono (nilai 1.200), Juara dua dimenangkan sapi milik Wasil Buhori dari Kecamatan Tamanan nilai (1.192), dan Juara tiga sapi milik Kusyanto dari Maskuning Kulon, Kecamatan Pujer (1.102).

Sementara, kategori Kereman untuk Juara 1 dimenangkan oleh sapi milik H.Kuswono dengan nilai 1.220. Juara dua atas nama Faisol dari Desa Purnama Kecamatan Tegalempel dengan nilai 1.026, kemudian juara tiga sendiri berhasil dimenangkan oleh sapi milik Kuswono dengan nilai 984.

Untuk informasi, Pemerintah Kabupaten Bondowoso menggelar kontes ternak sapi hasil inseminasi buatan (IB) Kamis (7/9). Sedikitnya ada 158 ekor sapi milik peternak dari Bondowoso, yang berlaga dalam tujuh kategori yang dilombakan. Di antaranya, kategori induk, induk lokal, calon kereman dan kereman, pedet jantan, pedet betina, serta kategori calon induk. (och)