Share

BONDOWOSO – Tiga rumah warga di Desa Baratan RT 03/02, Binakal,Bondowoso dihanguskan si jago merah, Jumat (28/7/2017) sekira pukul 20.30 WIB. Beruntung para pemilik rumah saat itu sedang menonton televisi di rumah tetangga sehingga tidak ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Informasi yang berhasil dihimpun, sumber api berasal dari rumah Pak Rohana (50). Kobaran api awalnya diketahui oleh Nurhayati yang sedang melintas. Sontak Nurhayati berteriak memberitahukan kepada warga. Hembusan angin yang cukup kencang menjadikan api cepat menjalar ke rumah Sukarsih (27) dan Pak Muyami (65) yang letaknya bersebelahan.

“Ketika saya melihat api langsung saya teriak dan bilang sama suami,” ungkap Nurhayati yang tak lain adalah istri kepala Desa setempat.

Hingga pukul 20.40 kepala Desa Baratan, Hasan, menghubungi piket Kecamatan. seketika itu pihak Kecamatan menghubungi PMK untuk segera terjun menjinakkan api.

 

Baca Juga : Pemkab Diminta Segera Terbitkan Perbup Kewenangan Desa

 

Menurut keterangan warga, sebelum mobil pemadam datang, warga sekitar telah berusaha memadamkan api yang makin lama kian membesar. Namun hebatnya amukan api membuat usaha warga tak membuahkan hasil.

“Warga sudah berusaha menggunakan ember untuk memadamkan api. Kan apinya makin besar jadi api sulit untuk dipadamkan,” ungkap Baidawi.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Kata Baidawi, api berasal dari arus pendek listrik. “katanya dari listrik konslet,” ungkapnya.

Hingga mobil pemadam datang pukul 21.00 WIB, tiga rumah tersebut sudah dalam kondisi hampir tak tersisa. Berselang 30 menit kobaran api sepenuhnya bisa dipadamkan. (abr)