Share

BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni mengapresiasi tiga pelajar SMA Negeri 2 Bondowoso yang berhasil menjadi juara satu dalam lomba video promosi pariwisata tingkat Asia Tenggara yang bertajuk “SEA Creative Camp  : Online Modeling Tourism Promotion” yang diselenggarakan oleh The Southeast Asia Minister Of Education Organization (SEAMEO). Ketiga pelajar tersebut yakni, Atras, Cinde, dan Wildan. Mereka menamai kelompok mereka sebagai panda lima.

Bupati kelahiran Pamekasan itu, mengatakan bahwa keberhasilan ketiga putra derah ini merupakan hadiah bagi masyarakat. Apalagi prestasi ini sekaligus juga sarana untuk lebih meningkatkan promosi wisata. Mengingat lokasi yang diangkat dalam video mereka adalah destinasi-destinasi wisata unggulan di Bondowoso.

“Mereka lebih berkontribusi mengenalkan dan mempromosikan destinasi wisata. Tadi saya dapat informasi viewersnya udah 3ribu lebih di youtube, itu artinya respon youtubers sangat tinggi terhadap prestasi ini,”urainya.

Ia pun menegaskan bahwa pihaknya akan terus mensupport agar prestasi mereka bisa lebih baik lagi. Terlebih, ketiga generasi muda ini rencananya akan mengikuti kompetisi lomba video yang mengangkat local wisdom atau kearifan lokal dalam rangka kelestarian lingkungan.

“Mereka butuh support dalam bentuk data, informasi, sarana dan prasarana. Kami support melalui OPD terkait,”imbuhnya.

Baca Juga : Ijen Festival Berhasil Dongkrak Pariwisata di Bondowoso

Sementara itu, Atras, Pelajar SMA 2 Bondowoso, mengaku, menghabiskan waktu selama enam hari bersama dua teman lainnya untuk membuat video berdurasi sekitar satu menit itu. Dalam pembuatannya pun, mereka juga turut bekerjsama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bondowoso.

“Mereka sangat antusias membantu kita. Kita juga menggabungkan sama apa yang kita buat dengan yang dari Dispar. Kita juga buat booklet, yang ada beberapa kerjasama dengan Dispar,”katanya.

Wildan, Pelajar SMA 2 Bondowoso menambahkan bahwa pengambilan gambar dan penyampaian konten video yang tepat menjadi  faktor mereka bisa menyisihkan video pariwisata dari berbagai negara Asean lainnya.

“Kita akan ikut lagi kompetisi video dengan tema kearifan local, terus kita buat program rencana lombanya,”katanya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bondowoso Mahrus Samsul, mengapresiasi keberhasilan pelajar tersebut. Harapannya, keberhasilan ini bsa mengangkat nama Bondowoso di tingkat nasional maupun internasional. (och)