BONDOWOSO – Tiga pasien positif Corona di Bondowoso melakukan isolasi mandiri. Hal ini sebagaimana tertera dalam peta sebaran Covid-19 kabupaten Bondowoso, pada 21 Mei 2020 pukul 13.00 WIB.

Dalam keterangannya tertera bahwa dari total sembilan pasien positif Covid-19, empat pasien masih rawat inap dan dua lainnya dinyatakan sembuh. Dan tiga orang melakukan isolasi mandiri.

Menanggapi hal ini, Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, Moh. Imron dikonfirmasi awak media, Jum’at (22/5/2020), menjelaskan bahwa tiga pasien dalam isolasi mandiri tersebut sebenarnya sudah dinyatakan sehat, setelah mengetahui hasil swab pertama negatif.

Ketiga pasien tersebut dipulangkan dalam status sehat karena tidak terdapat gejala apapun. Kini ketiganya tengah menunggu hasil swab ke dua untuk dinyatakan sembuh.

 

Baca Juga : Bung Karna Aktif Bersolawat dan Berbagi Sembako bersama Warga Sekitar

 

” Bukan diisolasi mandiri tanpa ada dasar hasil Swab negatif. Semua sudah ada hasil negatif follow up nya,” terangnya.

” Beda loh ya isolasi mandiri tanpa hasil Swab. Jadi nanti perlu saya perbaiki (Red: Peta sebaran Covid-19) biar tidak menimbulkan multi tafsir di masyarakat,” lanjutnya.

Pria berkacamata tersebut juga menjelaskan bahwa dengan hasil Swab pertama negatif maka kemungkinan besar Swab kedua juga sama. Meskipun demikian, ketiga pasien tersebut wajib menjalankan protokol kesehatan selama di rumah.

” Tidak asal mereka di rumah dan membiarkan diri bebas dengan tanpa memperhatikan protokol kesehatan,” tambahnya.

Imron memaparkan bahwa ketiga pasien dimaksud merupakan bagian dari lima pasien dalam satu keluarga dari klaster Nangkaan.

” Yang pertama sudah dinyatakan sembuh. Kemudian dinyatakan sehat itu anak pertama karena Swabnya sudah negatif tinggal menunggu Swab terakhir. Kemudian anak ketiga. Yang terakhir ada cucunya,” pungkasnya.(och)