Share

SITUBONDO – Tiga desa yang ada di Kecamatan Besuki dilanda banjir akibat luapan Sungai Jumain, Rabu (15/12/2021). Ketiga desa tersebut adalah Besuki, Pesisir dan Kalimas.

Menurut Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo Puriyono peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. “Memang wilayah Kecamatan Besuki dan sekitarnya diguyur hujan lebat mulai siang hari. Kondisi itu ditambah dengan kiriman air dari hulu sungai,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Susun Matriks Rencana Pemenuhan Hak Disabilitas

Puriyono mengungkapkan, akibat luapan Sungai Jumain itu, 127 rumah warga di tiga tersebut terendam air. “Di desa Pesisir 45 KK, Besuki 68 KK dan Kalimas 14 KK,” tambahnya.

Lebih lanjut, Puriyono menjelaskan, ketinggian air yang menggenangi rumah warga bervariasi. Mulai dari 30 hingga 50 Centimeter. “Alhamdulillah sekitar pukul 21.00 WIB genangan air mulai surut. Hal tersebut dikarenakan hujan yang mulai reda,” tukasnya.

Puriyono menyampaikan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kegiatan tersebut. “Laporan yang kita terima, alhamdulillah kerugian materil juga nihil,” pungkasnya. (Ozi).