Share

SITUBONDO – Kabupaten Situbondo meraih penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Rabu (29/12/2021). Penghargaan bergengsi tersebut diberikan, karena di Kota Santri Pancasila sudah tidak ada lagi desa yang berstatus tertinggal.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam mendorong percepatan pembangunan desa. Sehingga tidak ada lagi desa yang berstatus tertinggal.

“Alhamdulillah ini merupakan penghargaan pertama dari Kemendes PDTT. Sekaligus kado terindah untuk masyarakat Situbondo di penghujung tahun 2021 ini,” ujarnya.

Pria 54 tahun ini mengungkapkan, seluruh desa di Situbondo, sudah berstatus berkembang, maju, dan mandiri. “Ini berarti kesejahteraan masyarakat sudah tumbuh dan berkembang dengan baik,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Situbondo, Lutfi Joko Prihatin menyampaikan, total ada 132 desa di Kota Santri Pancasila. Dimana 87 berstatus berkembang, 39 berstatus maju serta 6 desa bertatus mandiri. “Saya berterima kasih kepada para kepala desa serta perangkatnya atas komitmen dan kerja kerasnya,” ucapnya.

Baca Juga : Puluhan Anggota DPRD Bondowoso Tinggalkan Rapat Paripurna Karena Ketua DPRD Tak Hadir

Mantan Kadinsos Situbondo ini mengungkapkan, tahapan dari desa maju menjadi desa mandiri, salah satunya diukur melalui indeks desa membangun (IDM). Dengan tiga pilar utama, yaitu indeks sosial, indeks ekonomi, dan indeks lingkungan.

“IDM itu harus terukur. Kita perbaiki apa kekurangannya. Dan jangan lupa koordinasikan dengan instansi lain, untuk bisa menambah skor,” imbuhnya.

Untuk itu, Lutfi meminta kepada pemdes agar menggunakan dana desa (DD) nya dengan baik dan terukur. Sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi desanya.

“Dana desa jangan hanya digunakan untuk hal yang punya daya ungkit kecil, agar bisa memberikan kontribusi untuk menaikkan statusnya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar; Gubernur Jatim, Khofifah Indar beserta jajaran; Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Kepala DPMD Situbondo, Lutfi Joko Prihatin. (Ozi).