Share

SITUBONDO – Sekitar 40 orang terjaring operasi yustisi dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Jalan Raya Bondowoso, Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo, Senin (20/12/2021). Akibatnya merekapun langsung disuntik vaksin Covid-19 di lokasi. Yakni Balai Desa Kalibagor.

Waka Polres Situbondo, Kompol Pujiarto mengatakan, mereka yang disuntik vaksin Covid-19 adalah yang belum mengikuti vaksinasi atau baru vaksin dosis pertama. “Kalau tidak bisa menunjukkan surat vaksin, maka kita sarankan untuk mengikuti vaksinasi,” ucapnya.

Kompol Pujiarto mengungkapkan, petugas gabungan yang terlibat dalam kegiatan tersebut terdiri dari TNI-Polri, Kejari dan Satpol PP. “Kita berhentikan satu-persatu kendaraan yang melintas diperbatasan Situbondo-Bondowoso maupun sebaliknya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kompol Pujiarto menjelaskan, operasi yustisi itu berlangsung mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. “Rencananya kita lakukan di malam hari juga. Tujuan satu. Yaitu untuk mempercepat herd immunity (kekebalan kelompok) di Masyarakat Situbondo,” imbuhnya.

Baca Juga : Warga Diminta Waspadai Tanah Longsor Saat Hujan Deras

Sementara itu, Sekretariat Daerah (Sekda) Situbondo Syaifullah menerangkan, operasi yustisi baru dilakukan di satu titik saja. “Ini adalah langkah kita dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona varian Omicron,” tukasnya.

Syaifullah menambahkan, rencananya kegiatan tersebut berlangsung hingga tanggal 31 Desember. “Sampai akhir tahun ya mas. Karena menjelang Nataru ini bisanya mobilitas masyarakat tinggi,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kadinkes Situbondo, Dwi Herman Susilo menerangkan, bagi pengendara yang belum divaksin Covid-19, maka akan disuntik vaksin Pfizer. “Namun bagi mereka sudah divaksin, ya kita sesuaikan dengan dosis pertamanya,” ujarnya. (Ozi).