Share

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso membenarkan telah menerima keluhan perwakilan warga dari empat kecamatan terkait PT. Medco Cahaya Geotermal yang tengah melakukan eksplorasi panas bumi di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Empat kecamatan yang dimaksud yakni, kecamatan Tapen, Sukosari, Sumber Wringin, serta Sempol (Ijen).

Sekretaris Daerah, Bambang Soekwanto, mengatakan, pihaknya akan mempelajari keluhan tersebut.

Karena, jika merunut pada keluhan warga agar dilakukan pelebaran jalan, sebenarnya pada pemerintahan lalu telah ada MoU. Yang salah satu klausulnya, ada kewajiban bagi PT. Medco Cahaya Geotermal akan menanggung perbaikan fasilitas infrastruktur baik jalan atau pun jembatan sepanjang Gardu Atak hingga Kecamatan Ijen.

“Dari dasar ini kami akan menindaklanjuti. Pertama akan kami rapatkan dulu bersama tim, baru kami akan ambil langkah berikutnya,” jelas Bambang.

“Dalam waktu dekat kita komunikasikan, sebelum itu akan bersurat,” katanya.

Ia menerangkan, jalan tersebut sebenarnya tak boleh dilalui kendaraan berat. Namun, ditolerir karena akan ada eksplorasi panas bumi, dengan klausul bahwa biaya perbaikan ditanggung oleh PT. Medco.

“Karena kami juga waktu dulu, tahun 2011 saat Kepala bagian perekonomian sempat studi banding ke Garut. Dari Medco juga menyampaikan itu juga nanti tanggungan dari perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga : Tak Digubris Saat Geruduk Medco, Masyarakat 4 Kecamatan Ngadu ke Pemkab Bondowoso

Sebelumnya diberitakan, Sejumlah perwakilan warga dari empat kecamatan di Bondowoso geruduk PT. Medco Cahaya Geotermal yang tengah melakukan eksplorasi panas bumi di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Demo yang dilakukan pada 26 April 2022 lalu itu, dilakukan oleh perwakilan masyarakat dari Kecamatan Tapen, Sukosari, Sumber Wringin, serta Sempol (Ijen).

Menurut Abdul Hadi, Koordinator Aksi, pihaknya melakukan hal tersebut untuk meminta PT. Medco Cahaya Geotermal agar melakukan pelebaran jalan, renovasi jembatan, dan membuat tiang yang lebih tinggi untuk kabel listrik di sepanjang jalan dari Desa Jurang Sapi, Kecamatan Tapen hingga Kecamatan Ijen. Atau sekitar 61 kilometer.(och)