Share
Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo melepas Mudik Bareng Guyup rukun bersama Jasa Raharja di Lapanagan makodam 4,Kemarin.

SURABAYA – Program mudik dan balik gratis di Jawa Timur saat ini merupakan yang terbesar se-Indonesia, yaitu sebanyak 210.638 orang pemudik yang difasilitasi melalui armada bus, kereta api, dan kapal laut. Termasuk di dalamnya juga disediakan 8 truk pengangkut sepeda motor serta 777 bus. Hal ini disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo usai memberangkatkan 50 bus berpenumpang 2.109 orang yang bertema “Mudik Bareng Guyub Rukun” bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Jasa Raharja (Persero), di lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Rabu (21/6).

Gubernur Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengatakan program mudik gratis ini bisa membantu masyarakat baik mudik maupun balik. Ini menjadi sebagi bentuk kepedulian BUMN khususnya Jasa Raharja sekaligus bagian program Nasional untuk keselamatan pemudi dalam perjalanan. Dia berharap, tahun depan agar bisa ditambahkan lagi jumlah bus yang diberangkatkan bagi para pemudik. Selain itu, BUMN yang lain harus mengikuti Jasa Raharja untuk melaksanakan mudik gratis seperti ini.

“BUMN berkembang itu dari rakyat. Sekarang harus mengembalikan kepada rakyat. Jadi dari rakyat untuk rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur utama PT. Jasa Raharja (Persero) Budi Setyarso, Se, MM mengatakan, BUMN melalui program CSRnya membantu para pemudik melalui program mudik gratis ini. Pemberangkatan mudik gratis ini menggunakan tagline “Mudik Bareng Guyub Rukun”.

 

Baca Juga : Langkah Dinkes Jatim Meminimalisir Potensi Kecelakaan Mudik Lebaran

 

“Total keseluruhan yang diberangkatkan pada program ini mencapai 1.700 bus dengan jumlah pemudik mencapai 120 ribu dan 98 daerah tujuan,” katanya.

Pantauan Memo Indonesia di lapangan, para peserta mudik bareng mendapatkan kaos dan bekal puasa berupa snack, air mineral, dan obat-obatan.Meskipun suasana pemberangkatan gerimis, tetapi tidak menghalangi semangat pemudik yang mengikuti program mudik bareng ini.

Sekedar diketahui, PT. Jasa Raharja (Persero) kali ini memberangkatkan 50 bus berpenumpang 2.109 dengan tujuan 17 kabupaten/kota.Dari jumlah total bus yang diberangkatkan, terdapat delapan kabupaten/kota di luar Provinsi Jatim menjadi daerah tujuan antara lain Cepu 1 bus, Semarang 4 bus, Solo 9 bus, Yogyakarta 11 bus, Tegal 2 bus, Tasikmalaya 2 bus, Cirebon 2 bus, dan Bandung 2 bus.Untuk wilayah Jatim sendiri, tujuannya yakni Blitar 1 bus, Tulungagung 1 bus, Madiun 3 bus,Ponorogo 4 bus, Trenggalek 2 bus, Pacitan 2 bus, Magetan 1 bus,Jember 1 bus dan Banyuwangi 2 bus.(sga/ron)