Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bondowoso, Purno Winardi Saat Memberikan Sambutan, kemaren.

BONDOWOSO – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bondowoso akan berangkatkan 27 orang ke Bekasi. Mereka akan mengikuti pembekalan selama sekitar satu bulan di Balai besar pengembangan latihan kerja Bekasi (BBLK).

Sebanyak 27 orang itu nantinya akan terbagi ke dalam dua kelompok yakni 11 orang akan mendapatkan pembekalan terkait teknologi informasi dan komunikasi. Kemudian, sisanya 16 orang akan mendapat pembekalan terkait elektronika.

“Untuk tanggal keberangkatannya sendiri masih menunggu informasi dari pihak BBLK Bekasi, karena rencananya akan diberangkatkan bersamaan dengan kabupaten lain. Sementara 27 orang ini merupakan pemuda fresh graduate hingga usia 20 tahun yang telah berhasil lolos seleksi dan menyisihkan sedikitnya 40 orang yang kemarin (10/8) ikut seleksi,” usai Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bondowoso, Purno Winardi.

 

Baca Juga : Hanya Dianggarkan Rp 2,5 M, Stadion Magenda Segera Direhab

 

Purno menyampaikan hal tersebut usai seleksi penerimaan peserta pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan TIK dan Elektronika, Kamis (10/8), di UPT Pelatihan Kerja Bondowoso.

Ia menjelaskan, sepulang dari pembekalan di Bekasi, pemuda dan pemudi Bondowoso ini akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan.

“Itu nanti pada akhirnya akaan membekali pengangguran dengan keterampilan jadi pada waktu mereka dilepas di dunia kerja mereka sudah punya keahlian yang sudah dididik di BBLK. Nanti mereka juga dapat sertifikat juga,” jelasnya.

Lebih jauh, Purno menjelaskan, ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran di kota tape, yang pada ujungnya juga untuk mengenaskan kemiskinan. Terlebih pengentasan pengangguran ini merupakan salah satu program prioritas dari dinasnya.(och)