Share

SURABAYA – Untuk menekan tingginya angka kecelakaan saat menyeberangi Frontage Road Jalan Ahmad Yani Surabaya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya akan menambah jembatan penyeberangan orang (JPO) dan beberapa JPO yang sudah ada akan diperpanjang sampai ke Frontage Road sisi timur. Hal berdasarkan perintah Wali Kota SurabayaTri Rismaharini.

Menurut Sekretaris Dishub Kota Surabaya, Dwija Wardhana bahwa jembatan penyeberangan baru akan dibangun di dua titik. “Dibangun JPO baru di Margorejo dan di depan Komplek Sekolah Kemala Bhayangkari,” katanya.

Sementara ini, penyeberangan bawah di kawasan Frontage telah dipasang Pelican Cross Traffic Light (PCTL) sebagai rambu agar pengendara mengurangi kecepatan saat ada orang menyeberang. ”Selama ini, tingginya laka lantas di Frontage karena kurangnya kesadaran pengendara untuk tertib lalu lintas, diantaranya memacu kecepatan di atas 40 KM/perjam, pindah lajur seenaknya dan melawan arus,” ujarnya.

 

Baca Juga : Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Bondowoso Kampanyekan Keselamatan Berlalu Lintas

 

Sementara itu, ditambahkannya di persimpangan Royal Plaza akan dipasang lagi perlintasan kereta api setelah Frontage sisi barat selesai sampai RSI Wonokromo dan ada beberapa marka pembatas yang selama ini dipakai pengendara motor menyeberang lajur sembarangan akan dibangun permanen.

“Sebenarnya kelengkapan jalan sudah dibangun sesuai Undang-undang No. 38 Tahun 2004 tentang jalan dan untuk kesadaran pengendara, Pemerintah kota telah membuat kampanye safety riding dengan melakukan pelatihan-pelatihan,” pungkasnya. (sga)