Share

Bondowoso – Maraknya permainan dan tari modern dikhawatirkan menggerus keberadaan Kesenian Tradisional. Padahal, dolanan (permainan tradisional) dan tari tradisional memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan otak motorik anak. Untuk itu, perlu diajarkan sejak dini kesenian tradisional dengan maksud bisa memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian tradisional kepada anak-anak.

Hal inilah yang menjadi dasar Forum Paud Bondowoso menggelar Pelatihan Tari dan Dolanan Tradisional untuk Anak Usia Dini, di Aula Disparporahub sejak Rabu (3/5) hingga Jum’at (5/5)

Imanona Abdurrahman, Ketua Panitia acara, mengatakan sangat disayangkan bahwa saat ini banyak orang tua yang justru memanjakan anak-anak dengan gagdet. Padahal gadget ini hanya merangsang kemampuan otak anak, tidak dengan motoriknya. Melalui pelatihan ini, diharapkan anak-anak PAUD bisa diajarkan terkait tari dan dolanan tradisional di sekolah masing-masing. Sehingga bisa merangsang kemampuan motorik dan IQ anak.

“Kalau main gagdet itu kan cuma otaknya aja yang berpikir. Sementara tubuhnya diam. Lain lagi dengan tari dan dolanan tradisional kan semuanya bermain,” ungkapnya.

Sementara itu, Setyawati, Narasumber dalam Pelatihan ini, mengatakan dalam pelatihan ini diambil tema Kesenian Tradisional daerah Bondowoso. Hal ini karena, Forum PAUD ingin guru-guru memperkenalkan budaya dan kesenian Bondowoso. Dan menumbuhkan kecintaan pada budaya asli Bondowoso kepada anak sejak dini.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 70 Guru PAUD se-Bondowoso. Pada hari pertama, Rabu (3/5), mereka diajari tentang tari molong kopi, kemudian hari ini (4/5) guru-guru ini diajari Tari Prajurit Bondowoso, dan hari terkahir, Jum’at (5/5), teman-teman Komunitas Kesenian GAS Bondowoso akan mengajak guru-guru ini mempelajari sejumlah dolanan tradisional seperti pentengan, petak umpet.

Pantauan di lapangan, Guru-guru Paud yang didominasi jenis kelamin perempuan ini, antusias mempelajari setiap materi yang diajarkan. Bahkan, selain materi tertulis, mereka juga mempraktikkan setiap gerakan tari yang diajarkan oleh Instruktur.

Untuk informasi, Pembukaan Pelatihan Tari dan Dolanan Tradisional untuk Anak Usia Dini ini dibuka langsung oleh Ibu Hj. Sumaryati Hidayat, Wakil Ketua Forum PAUD Bondowoso,mewakili Bunda PAUD Bondowoso yang sekaligus Ketua Forum Paud Bondowosi, Ibu Faizah Amien Said Husni.(och/esb)