Bondowoso – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso melakukan sosialisasi kepada seluruh element masyarakat Bondowoso. KPU mengagendakan 126 titik sasaran sosialisasi Pilkada 2018 guna mencapai target partisipasi pemilih 77,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Menurut Junaedi SH Divisi Hukum KPU Kabupaten Bondowoso , KPU telah melakukan sosialisasi Pilkada 2018 di seluruh wilayah Kabupaten Bondowoso.

“Ada beberapa item yang telah kami sosialisasikan  terkait Pilkada 2018 nanti. Yakni yang menjadi sasaran  adalah pemilih pemula. Dengan menggandeng  Kodim 0822 Bondowoso dan organisasi perempuan yakni Tim Penggerak PKK Kabupaten. Organisasi PKK ini berperan penting dalam sosialisasi, karena jumlah data pemilih perempuan lebih banyak dibanding laki-laki, mereka juga merupakan tonggak keberhasilan sosialisasi ini,” katanya, Senin (3/4/2017).

Selain itu, peran media massa sangat dibutuhkan oleh KPU dalam Penyelenggaran Pilkada dan Pemilu. “Kami juga telah menyosialisasikan Pilkada melalui media massa baik cetak maupaun elektronik, yakni untuk meningkatkan transparansi seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu,” jelasnya.

Menurutnya jumlah DPT di kabupaten Bondowoso berjumlah 620.000 pemilih laki-laki dan perempuan. KPU menargetkan 77,5 persen bisa berpartisipasi di Pilkada 2018. “Dengan adanya sosialisasi beberapa element ini, maka kami optimis target tersebut akan tercapai di Bondowoso,” tambahnya.

KPU Bondowoso akan melakukan tahapan selanjutnya setelah dana dicairkan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam waktu dekat. “Sasaran KPU tinggal para penyandang disabilitas. Karena data mereka tidak menyatu dalam satu titik, namun menyatu dalam banyak titik. Inilah kendala yang kami hadapi. Caranya pun berbeda bagi tiap penyandang cacat,” ujarnya. (ifa/esb)