BONDOWOSO – Industri pariwisata dinilai mampu memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat secara cepat. Tumbuhnya industri pariwisata akan juga diikuti oleh pertumbuhan sektor-sektor lainnya, dan pendukung industri ini akan sangat menentukan kemajuan pariwisata. Pendukung industri wisata yang dimaksud di antaranya ketersediaan dan keramah tamahan hotel-hotel di sebuah daerah, restoran, travel agent, serta jasa transportasi.

“Manakala pendukung kepariwisataan ini tumbuh dengan baik, maka industri pariwisatanya juga tumbuh dengan baik. Begitu pula sebaliknya,” ujar Bupati Amin Said Husni dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan BPC PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), Kamis (10/8) di Hotel Ijen View.

“Tuhan menganugerahkan Bondowoso ini dengan kekayaan alam yang luar biasa. Kita punya alam pegunungan, persawahan, berbagai atraksi alam. Bagaimana kita mengelola obejek-objek wisata sperti kawah Ijen, kawah Wurung, air terjun, berbagai situs-situs purbakala, demikian juga atraksi dan pariwisata sport sperti paralayang, arum jeram, serta kuliner. Ini semua adalah merupakan potensi-potensi yang harus kita kelola dengan baik.”

“Banyak orang bertanya pada saya, tentang investasi apa yang harus dikembangkan Bondowoso. Ketika mereka berada di Bondowoso tapi tidak didukung dengan kenyataan di lapangan bahwa ada potensi-potensi di lapangan, ada perhotelan dan restoran di lapangan maka mereka bisa balik kandang, dan investasi di Bondowoso tidak berkembang,” ujarnya.

 

Baca Juga : PAD Pariwisata Masih Kecil, Pemkab Bondowoso Diminta Lebih Kreatif

 

Karena itulah, Bupati Amin berharap agar BPC PHRI di Bondowoso ini untuk segera berkonsolidasi dengan pemerintah daerah maupun dengan pelaku usaha di sektor lain. Karena, menurut Bupati Amin, jika hal ini bisa dilakukan maka pertumbuhan pariwisata di Bondowoso akan semakin cepat.

Terakhir, Bupati Amin, menantang para investor baik di sektor perhotelan, maupun restoran dan berbagai sektor pariwisata lainnya untuk berinvestasi di Bondowoso. Ia berjanji akan memberikan kemudahan baik di dalam proses perijinan maupun perpajakan.

Untuk informasi, Bupati Amin melantik dan mengukuhkan BPC PHRI di hotel Ijen View Kamis (9/8). Adapaun Ketua BPC PHRI Bondowoso yang dilantik adalah Selamet Agus Darminto.

Tampak hadir, Kapolres. Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Komandan Kodem 0822 Letkol Tarmuji, PLT Ketua BPD PHRI Jawa Timur Heri Siswanto. (och)