Share

SITUBONDO – Tangis haru Masadi (77), Warga Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Mangaran salah satu korban bencana angin puting beliung pecah saat dikunjungi oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Rabu (8/12/2021). Perempuan lansia tersebut tak menyangka bakal dikunjungi oleh orang nomor satu di Kota Santri Pancasila.

Masadi mengatakan, akibat bencana angin puting beliung tersebut, atap rumahnya mengalami kerusakan. “Saat itu saya sedang tidur, beruntung reruntuhan atap rumah tidak sampai menimpa saya,” ujarnya.

Masadi mengungkapkan, akibat kejadian itu dirinya mangalami kerugian materil hingga jutaan rupiah. “Semoga ada bantuan dari pemerintah daerah untuk memperbaiki rumah saya ini mas,” tambahnya.

Masadi mengapresiasi, Pemkab Situbondo yang merespon cepat atas bencana angin puting beliung yang menimpa desanya. “Terima kasih Bapak Bupati Situbondo yang telah mengirimkan bantuan dan membantu perbaikan rumah saya,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Situbondo, Karna Suswandi berjanji secepatnya akan membantu perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana itu. “Saya mendengar adanya bencana angin puting beliung ini dalam perjalanan pulang dari Jakarta. Dan kamu langsung menuju lokasi kejadian untuk mengetahui kondisi di lapangan seperti apa,” tukasnya.

Baca Juga : Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru, Polres Bondowoso Beri Bantuan

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, dalam penanganan dampak bencana tersebut, pihaknya melibatkan beberapa lembaga untuk membantu perbaikan rumah warga.

“Hari ini ada dua rumah yang dibantu oleh Forum CSR Situbondo. Kemudian untuk masjid di Desa Tanjung Kamal dibantu dari Baznas. Nanti pemerintah daerah juga akan membantu perbaikan rumah warga,” paparnya.

Bung Karna menginstruksikan, kepala desa dan Camat Mangaran untuk secepatnya mendata rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diporak-porandakan angin puting beliung. Sehingga penanganannya bisa cepat dilakukan.

“Laporan sementara yang masuk di Desa Mangaran ada sekitar 40 rumah, Tanjung Kamal 1 Masjid dan beberapa rumah, Tanjung Glugur 14 rumah dan Trebungan 20 rumah. Saya minta ini semua segera ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menjelaskan, untuk meringankan beban korban, pihaknya sudah mengirim puluhan paket sembako. “Kita berikan bantuan tanggap daruratnya dulu,” tutupnya. (Ozi).