Share

Lumajang – Memperingati hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang memeriahkan dengan sejumlah kegiatan sosial yang dipimpin langsung oleh ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Tutu As’at Malik, Jum’at (21/4) tadi siang.

Dalam memeriahkan hari Kartini itu, Tim Penggerak PKK tidak hanya sekadar memperingatinya dengan mengenakan kebaya, akan melakukan aksi nyata seperti Kartini Menanam pohon dan Bunga, Kartini Masuk Pasar Tradisional dan Kartini Peduli Kesehatan.

“Kami bersama dengan Dharma Wanita Persatuan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup bersama-sama menanam pohon dan bunga di sekitaran taman alun-alun Lumajang,” ujar ketua Tim Penggerak PKK, Hj Tutu As’at Malik tadi siang.

Setelah aksi penanaman pohon, kegiatan berlanjut dengan kunjungan ke Pasar Baru Lumajang. Hj. Tutuk As’at beserta rombongan didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Drs. Agus Eko blusukan dan berbelanja kebutuhan dapur. Hj. Tutuk As’at mengajak masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional.

“Banyak ibu-ibu yang mulai enggan belanja ke pasar tradisional, ibu-ibu sekalian, ayo berbelanja di pasar tradisional,” ujarnya.

Usai dari pasar, Hj Tutuk beserta rombongan kemudian hadir dalam Kegiatan Pemeriksaan IVA/Pap Smear di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Lumajang. Pemeriksaan IVA/Pap Smear merupakan upaya pencegahan dan deteksi dini kanker leher rahim.

“Program ini juga merupakan program nasional yaitu Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan Dini Kanker Pada Perempuan Indonesia,” tambahnya.

Dalam hal ini, lanjut Hj Tutu As’at Malik, sebagai mitra pemerintah TP PKK mempunyai peran strategis terutama dalam memotivasi, mempersiapkan dan memberi dukungan kepada ibu mulai dari kehamilan, melahirkan dan menjaga kesehatan reproduksi.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Lumajang, dr. Immanurdin Abdillah mengajak ibu- ibu peduli terhadap kesehatan kewanitaannya dengan rutin melakukan check IVA/Pap Smear.

Hj. Tutuk As’at juga mengingatkan kepada ibu-ibu pentingnya pemeriksaan IVA/Pap Smear untuk menekan angka kematian pada ibu.

“Itu salah satu upaya pemerintah menekan angka kematian ibu dengan mendeteksi sedini mungkin adanya kanker di organ reproduksi,” pungkasnya. (cho)