GRESIK –  Pemerintah provinsi Jawa Timur mengadakan event pengembangan inovasi daerah kabupaten se-Jatim yang diadakan di Gresik. Kegiatan ini dibuka langsung oleh menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mnpan RB) Asman Abnur, Kamis (18/5/2017).

Menurut Kepala Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruan (PUPR) Kabupaten Bondowoso Karna Suswandi, acara ini merupakan acara bergengsi mengadu inovasi terbaik kabupaten se Jawa Timur. Untuk itulah, PUPR Bondowoso sengaja memperkenalkan Gerakan Masyarakat Peduli Sungai dan Irigasi (Gema Pildasi).  Menurutnya, program inovasi Gema Pildasi ini sudah mendapatkan banyak apresiasi di tingkat regional maupun nasional. Mengingat program ini belum ada duanya di negeri ini. Termasuk juga ketika tampil di event kali ini.

“Gema Pildasi mempunyai tiga program. Pertama kebersihan aliran irigasi dan sungai sehingga akan dapat mengairi lahan  yg lebih luas dan berkualitas, yang kedua reboisasi daerah aliran sungai dengan menanam pohon sukun sehingga dapat meresap air dan dapat membuat sumber air baru dan yang ketiga adalah perbaikan sarana prasarana di daerah,” ujarnya kepada Memo Indonesia.

 

Baca Juga : Irigasi Bondowoso Jadi Percontohan Kabupaten Lain di Jatim

 

Dia berharapp Gema Pildasi akan menjadi terobosan baru dalam menjaga keseimbangan antara kebutuhan air untuk irigasi dan sungai serta menjaga sumber mata air yang dapat diwariskan kepada anak cucu di masa yang akan datang. “Muara dari program Gema Pildasi adalah keasadaran masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, termasuk juga sungai dan sumber mata air, sehingga bisa membawa dampak bagus bagi masyarakat,” pungkasnya. (abr/esb)