SURABAYA – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan nama Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf unggul dengan elektabilitas 13,1 persen. Disusul Tri Rismaharini dengan elektabilitas 9,7 persen dan Khofifah Indar Parawansa diurutan ketiga dengan 5,8 persen dalam pemilihan calon Gubenur jatim periode 2018-2023.

“Saifullah Yusuf disebut oleh 13,1 persen disusul Tri Rismaharini dan Khofifah,” kata peneliti Indikator Politik Indonesia, di Surabaya tadi siang.

Pada posisi keempat, ada nama Soekarwo yang masih diinginkan 3,4 persen responden disusul Abdullah Azwar Anas 1,4 persen, Hasan Aminuddin 1,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 0,5 persen.

“Selisih dukungan pada tiga besar nama relatif konsisten masing-masing 4 persen,” ujarnya.

Diungkapkannya, Saifullah Yusuf cenderung didukung pemilih laki-laki, sementara perempuan belum mempunyai kecenderungan, memberikan dukungan hampir sama ke tiga calon dan Saifullah Yusuf cenderung didukung pemilih di pedesaan. Sementara di perkotaan cenderung mendukung Tri Rismaharini.

 

Baca Juga : Hasil Survei, Gus Ipul Paling Diinginkan Pimpin Jatim

 

Ada lima alasan kuat yang dijadikan dasar responden untuk memilih Cagubnya dalam survei kali ini. Ditambahkannya, yang pertama adalah kandidat perhatian kepada rakyat, sudah terbukti kinerjanya, tegas dan berwibawa, berpengalaman di pemerintahan dan jujur atau bersih dari KKN.

“Ketiga kandidat itu menempati posisi teratas dipilih responden karena dinilai sudah punya pengalaman dan punya perhatian terhadap rakyat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Survei tersebut dilakukan dengan metode multistage random sampling pada periode 3 sampai 7 mei 2017. Jumlah sampel yang diwancarai mencapai 819 responden dengan margin eror 3,5 persen. (sga/ron)