Share

SITUBONDO – Superman, nama burung perkutut milik H. Kamil Ali Makki, warga Pamekasan, Madura, kembali meraih juara 1 di kelas dewasa senior pada ajang Liga Perkutut Jawa Timur (LPJT) Seri V Bupati Cup III 2022, Minggu (7/8/2022).

Burung milik pria yang akrab disapa HK ini berhasil mengalahkan sekitar 90 burung perkutut dari berbagai daerah yang ikut dalam event tersebut.

Salah satu anggota HK Team Pamekasan, Usman, mengatakan Superman sudah sering menjadi juara 1 dalam kejuaraan burung perkutut tingkat nasional. “Alhamdulillah kali ini mencapai nilai sempurna, tiga babak full empat warna. Kalau di Malang kemarin hanya sampai dua babak bunyinya,” ujarnya kepada Jurnalis Memo Indonesia.com.

Lebih lanjut, pria 50 tahun ini menyampaikan, Superman merupakan burung perkutut yang dibeli H. Kamil dari Jakarta. “Belinya dulu Rp500 juta itu masih usia kurang dari satu tahun. Sekarang usianya sekitar 1,5 tahun, Insya Allah masih panjang perjalanannya,” bebernya.

Usman mengapresiasi, persiapan yang dilakukan oleh panitia untuk mensukseskan LPJT Seri V Bupati Cup III 2022. “Sudah baik ya menurut saya, doorprize-nya juga menarik,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menyampaikan, pihaknya mengapresiasi antusiasme pecinta burung perkutut yang cukup tinggi dalam mengikuti event tersebut.

“Saya ingin liga perkutut ini digelar setiap tahun di bulan Agustus secara rutin. Untuk itu, saya harap Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan bisa menterjemahkan pesan saya ini,” ucap pria yang akrab disapa Bung Karna ini.

Lebih jauh, Bung Karna meminta agar para peserta bisa menjaga sportivitas dalam perlombaan tersebut. “Kemudian saya sampaikan kepada dewan juri agar bersikap adil. Jadi saya tegaskan tidak boleh ada keberpihakan terhadap peserta dari Kabupaten Situbondo. Semua peserta punya hak yang sama, karena ini menentukan untuk kualitas lomba,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Pemkab Situbondo menggelar Event Liga Perkutut Jawa Timur (LPJT) Seri V Bupati Cup III 2022 di Lapangan Pabrik Gula Demas, Kecamatan Besuki, Sabtu hingga Minggu, 6-7 Agustus 2022.

Total ada 960 pecinta burung perkutut dari Jawa maupun Luar Jawa yang mengikuti acara itu. Di antaranya Bali, Madura, Jakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Mojokerto, Blitar, Jember, Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan, dan Situbondo.

Baca Juga : Launching Sekolah Kopi RAISA di Bondowoso, Kemendes PDT Harapkan Hasilkan Wirausaha Kopi

Ada lima kelas yang diperlombakan dalam LPJT Seri V Bupati Cup III 2022. Yakni piyek senior 234 peserta, piyek yunior 294 peserta, piyek henging 252 peserta, dewasa senior 90 peserta, dan dewasa yunior 126 peserta.

Untuk diketahui, Pemkab Situbondo mengajak masyarakat dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal di Kota Santri Pancasila. Sebab keberadaannya jelas merugikan negara, karena tidak ada pemasukan dari sektor cukai. Sehingga berdampak terhadap penerimaan pemerintah daerah dari DBHCHT.

Sekedar informasi DBHCHT Pemkab Situbondo tahun 2022 sekitar Rp 55,7 miliar. Anggaran ini dikelola oleh beberapa OPD. Di antaranya Dinsos, Diskoperindag, Disnaker, Dispertangan, Dishub, dan Dinas PUPP, Satpol PP, RSUD dr Abdoer Rahem, RSUD Besuki, serta RSUD Asembagus.

Dana jumbo tersebut digunakan untuk pembagian BLT, pelatihan kerja, pembagian pupuk urea gratis kepada petani, pemasangan PJU, pembangunan RTLH, progam Tolop (tutup lubang -red), pembangunan jamban keluarga, progam sehat gratis (Sehati), penurunan angka stunting, pengadaan alat kesehatan (Alkes), rehab gedung rumah sakit, sosialisasi tentang cukai dan operasi pasar rokok ilegal. (ADV/OZI)