BONDOWOSO – Kontes ternak 2017 diikuti 192 ekor sapi milik peternak-peternak Bondowoso. Dari ratusan sapi itu, salah satu di antaranya jadi primadona. Bahkan digadang-gadang akan kembali menjadi juara pertama dalam kategori kelas ekstrem hasil inseminasi buatan.

Sapi jenis Simmental itu milik Wibowo peternak asal Maesan. Ia bercerita bahwa sapinya ini sudah berusia sekitar empat tahun, dan selama tiga tahun berturut-turut menjadi Juara satu dalam kontes ternak di Kota Tape ini.

“Bukan cuma itu, tahun 2015 lalu sapi miliknya menjadi Juara 2 dalam kontes ternak di Lumajang dalam kategori calon ekstrem. Dan prestasi terbaru yakni Agustus 2017 kemarin menjadi Juara 1 di Kontes Ternak di Situbondo, untuk kelas yang sama,” ungkap Wibowo.

Sementara itu, Cendy Herdiawan, Kabid Kesehatan Hewan, Kesmavet, dan P2HP (Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan), Dinas Pertanian Bondowoso, mengatakan sapi milik Wibowo menjadi jagoan dalam kontes ternak kali ini untuk kategori kelas ekstrim hasil IB. Karena menurutnya, selain sapi milik Wibowo merupaakaan juara bertahan, sapi itu juga menjadi daya tarik untuk peternak lain.

 

Baca Juga : 192 Sapi Ikuti Kontes Ternak di Bondowoso

 

“Itu juga jadi pemicu bagi peternak lainnya untuk peternak lain agar bisa mengalahkan juara bertahan,” jelasnya.

Salah seorang penonton, Sefi (27), mengatakan bahwa dirinya rela datang dari Pujer hanya untuk melihat sapi milik Wibowo. Ia mengatakan sapi Simental ini fotonya sudah viral sejak dua minggu terakhir di Facebook.

“Saya bukan peternak, cuma saya penasaran sama sapi yang kemarin jadi Juara katanya di Situbondo. Kemarin cuma liat Photonya di facebook. Sekarang liat langsung, cek besarnya. Anak saya sampek ndak mau pulang mau liat sapi itu,” ujar Sefi.

Pantauan di lapangan, banyak penonton yang datang ke hanggar sapi milik Wibowo ini. Semuanya terkagum-kagum karena begitu besarnya. Bahkan ada yang mengabadikan sapi itu melalui swafoto. (och)