Share

BONDOWOSO – Sunargi terpilih sebagai ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bondowoso saat Musyawarah Kabupaten (Muskab) di Aula KONI setempat, Sabtu, (4/12/2021).

Ketua IPSI terpilih, Sunargi, menuturkan, dengan terpilihnya kembali sebagai Ketua IPSI Bondowoso, pihaknya ingin menjadikan Bondowoso sebagai Kota Pencak Silat.

Yakni dengan meminta 16 perguruan silat yang di Bondowoso untuk turut mengembangka ilmu hingga ke pelosok desa.

“Kita harus menjaga pencak silat ini, pencak silat ini warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan dan kita pertahankan,”ujarnya pada awak media.

Baca Juga : Antisipasi Kelangkaan Pupuk Urea, Bung Karna Ajak Petani Gunakan Pupuk Secara Berimbang

Hal tersebut dinilainya bagus, agar tidak kalah dengan budaya-budaya bela diri dari luar yang masuk ke Indonesia terutama di Bondowoso.

“Kan untuk mencetak atlet itu tidak harus, yang terpenting bagaimana mengembangkan perguruan dimana pun. Sehingga jumlah di setiap perguruan bisa berkembang dan meningkat,” tuturnya.

Untuk informasi, belasan perguruan yang ada di Kabupaten Bondowoso, yakni Elang Putih, Persaudaraan Setia Hati Terate, Tapak Suci, Pagar Nusa, Perisai Diri, Persinas Asad, Nur Harias, Ketonggeng Hitam, Satria Sejati, Pamur, Kancil Indonesia, Persibaru, Tirta, Cipta Sejati, Kera Sakti, dan Rantai Mas.(och)