Share

SITUBONDO – Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan Jalan Merak – Baluran di Desa Sumberwaru, Kabupaten Situbondo, Senin (9/1/2023). Acara tersebut berlangsung di Pantai Bilik, Baluran.

Dalam sambutannya, Mantan Mensos RI ini memuji kinerja Bupati Situbondo, Karna Suswandi, yang mampu memperoleh izin pembangunan Jalan Merak – Baluran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Menurutnya hal itu luar biasa. Sebab jalan tersebut masuk kawasan Taman Nasional (TN) Baluran yang pengelolaannya langsung di bawah KLHK. “Karena ini membelah Taman Nasional Baluran. Jadi idenya Pak Bupati bisa menembus KLHK ini luar biasa. Apalagi sampai pengaspalan jalan,” ujar Gubernur.

Lebih lanjut, Khofifah menyampaikan, pihaknya bakal menindaklanjuti usulan Bupati Situbondo terkait kolaborasi antara Pemkab Situbondo dan Pemprov Jawa Timur perihal pengaspalan jalan sepanjang 10 kilometer tersebut.

“Inikan lebar jalannya cuman tiga meter. Kalau tiga meter ini masuk jalan kabupaten. Kita lihat dulu mekanismenya, apakah bisa diserahkan ke provinsi pengaspalannya atau lewat BK (Bantuan Keuangan -red) yang pengerjaannya langsung bisa dilakukan oleh kabupaten. Jadi memang ada mekanisme yang perlu kita diskusikan Pak Bupati, biar tidak salah dalam pelaksanaannya,” tegas Mantan Aktivis PMII ini.

“Saya sudah WhatsApp Kepala PLN Provinsi Jawa Timur tolong dihitung misalnya menarik kabel dari kota ke Merak ini kira-kira PLN bisa mengerjakan kapan. Saya sampaikan juga ke Pak Bupati, bila ada warga Merak yang kurang mampu kita bantu pemasangan meteran listriknya,” tambah Khofifah.

Baca Juga : DPRD Situbondo bersama Pemkab Membahas Perda Inisiatif Legislatif Tentang Penanggulangan Prostitusi

Khofifah optimis, dengan adanya akses Jalan Merak – Baluran ini bisa mendongkrak perekonomian Warga Merak. “Akses jalan ini akan membantu aksebiliti masyarakat Merak. Baik itu ekonomi, kesehatan dan pendidikan,” Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menjelaskan, tujuan utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo membangun Jalan Merak – Baluran yang menelan anggaran hingga Rp19 miliar lebih tersebut yakni untuk meningkatkan kesejahteraan warga Merak.

“Saya sampaikan Ibu Gubernur, tujuan utama kami membangun Jalan Merak – Baluran ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga di Dusun Merak. Karena sudah puluhan tahun mereka terisolasi,” ujarnya.

“Ketika orang banyak yang masuk ke Merak – Baluran ini, maka uang beredar semakin banyak. Ketika uang beredar semakin banyak, maka investasi akan masuk. Ketika investasi masuk, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat tumbuh dengan baik. Nah ini adalah tujuan utama kami Ibu Gubernur,” ucapnya.

Terkait dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan adanya Jalan Merak – Baluran tersebut, lanjut pria yang akrab disapa Bung Karna ini hal itu bakal mengikuti. “PAD adalah nomor sekian, yang terpenting yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di Dusun Merak,” bebernya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Khofifah juga membagikan 180 paket sembako kepada warga kurang mampu dan memberi santunan kepada ana yatim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa; Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Jatim; Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Wabup Nyai Hj Khoirani; Katua TP-PKK Hj. Juma’ati Karna Suswandi; Jajaran Forkopimda; Pimpinan DPRD Situbondo; Sekdakab Wawan Setiawan; Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo; Kepala PLN Situbondo, Suhandopo; Kepala Kemenag Situbondo, Slamet; Ketua MUI Situbondo, Habib Muhammad Abu Bakar Al-Muhdar; para camat di Situbondo; Forkopimka Banyuputih dan APAPDESI. (Adv/Ozi)