Share

SURABAYA – Anggota korpri memiliki tiga peran utama yakni sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah. Sebagai abdi negara, korpri memiliki tugas dan kewajiban melaksanakan kehidupan bernegara sesuai amanat konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai abdi masyarakat, Korpri dituntut memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM saat mengukuhkan Dewan Pengurus Korpri Unit Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jatim Masa Bakti 2017-2022 diKantor Gubernur Jatim,Surabaya, tadi siang. Menurutnya, sebagai abdi pemerintah, korpri senantiasa harus memberikan dukungan pada pelaksanaan tugas keseharian pemerintahan, yang dilakukan mulai pemerintah pusat sampai daerah.

“Korpri dengan paradigma baru harus memposisikan diri sebagai organisasi yang demokratis, mandiri, netral, dan professional. Hal itu sejalan dengan program utamanya yaitu peningkatan kesejahteraan, peningkatan profesionalisme dan peningkatan pelayanan public,” ujarnya.

Sukardi lebih lanjut mengatakan, bahwa anggota korpri harus menjadi garda terdepan dalam mempertahankan dan menjaga ideologi pancasila. Untuk itu, dia berharap kepada anggota Korpri di Jatim, khususnya di lingkungan Pemprov untuk mendukung komitmen Gubernur agar selalu menggelorakan semangat ‘Saya Indonesia dan Saya Pancasila.

 

Baca Juga : Korem 084/BJ Rutin Latihan Menembak

 

“Anggota Korpri untuk menjaga netralitasnya, terlebih tahun depan akan masuk masa pemilihan kepala daerah. Anggota korpri juga dilarang berpolitik praktis, tapi secara demokrasi tetap harus menggunakan hak pilih sesuai ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

Ditambahkannya, Korpri merupakan wadah menghimpun diri dan pembinaan anggota atau PNS yang peran dan kiprahnya tidak terlepas dalam kedinasan, sebagaimana tertuang dalam pembukaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga korpri.

”Selamat, semoga dapat bekerja maksimal dan mengurus korpri dengan baik, dengan dilandasi niat yang baik,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, jumlah personil yang dilantik kali ini sebanyak 126 orang. Pengukuhan ini berdasarkan Surat Keputusan/SK Nomor: KEP-03 s.d 69/DPKP/JT-I s.d VII/2017 tentang Susunan Personalia Dewan Pengurus Korpri Unit Perangkat Daerah Provinsi Jatim masa bakti 2017-2022. Beberapa pengurus yang dilantik antara lain dari Setdaprov Jatim Dr. Ir. Abdul Hamid MP, dari Badan Kepegawaian Daerah Drs. Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno, MM dan dari RSUD Dr. Soetomo yakni drg. Primada Kusumaninggar, M.Kes. (sga)