BONDOWOSO – Tohari dari Partai kebangkitan Bangsa (PKB) dan Andi Hermanto Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) telah diumumkan menjadi pengganti dua pimpinan DPRD yang mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi Pilbup 2018. Rencananya, kedua orang tersebut akan dilantik pada Jum’at (13/4).

Tohari dari PKB ketika dihubungi Memo Indonesia, mengaku bahwa dirinya telah menerima SK dari Gubernur. Terkait penunjukan dirinya menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD, menggantikan Ahmad Dhafir. Sementara, Andi hermanto akan dilantik bersama dengannya sebagai Wakil Ketua DPRD menggantikan Irwan Bachtiar Rahmat.

Ia mengaku bahwasanya sekretaris dewan pun telah menggelar bamus untuk menentukan jadwal pelantikan.

“SK Gubernur sudah di saya. Kemudian Sekwan ini sudah tadi menjadwal rapat Bamus. Insya Allah hasil komunikasi dengan Ketua Pengadilan, ini Insya Allah Jum’at kita akan pelantikan,” ujarnya.

Ada pun pengganti Ketua Fraksi untuk PKB, kata Tohari, masih belum ditentukan. Ia hanya berharap mudah-mudahan sebelum pelantikan, nama pengganti Ketua Fraksi sudah keluar.

“Jadi nanti saya akan diganti salah satu anggota fraksi, insyallah mudah-mudahan sebelum Jum’at ini sudah ada keputusan pergantian Ketua Fraksi,” jelasnya.

Baca Juga : Cabup Ahmad Dhafir Maafkan Pemfitnah Dirinya

Sementara itu, anggota DPRD yang akan menduduki kursi PAW setelah adanya pergeseran ini, untuk PKB adalah M. Sinol. Pemilik suara terbanyak setelah Ahmad Dhafir di Dapil 5.

“Mas Sinol sudah berproses, sebagaimana aturan perundang-undangan suara terbanyak berikutanya itu yang akan mengganti Pak Dhafir di Dapil yang sama,” tegasnya.

Sementara itu, pada Januari 2018 lalu, Irwan Bachtiar Rahmat, ketika dikonfirmasi, mengatakan secara tegas bahwa penaggantinya adalah Andi Hermanto yang saat ini menduduki posisi sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPRD.

“Kalau PDIP sesuai dengan KPU itu, saya di dapil satu, saya mengundurkan diri siapa di bawah saya. Saya lihat mas Rusdi. Mas Rusdi yang PAW. Untuk jabatan pimpinan kami sudah menggodok, sudah sepakat di DPC untuk menggantikan saya itu adalah mas Andi Hermanto,” jelasnya.

Saat ditanya siapa pengganti Andi Hermanto sebagai Ketua Fraksi, Irwan menguraikan bahwa hal tersebut masih perlu dirapatkan di internal partai.

Harimas Sekertaris Dewan, ketika dikonfirmasi via telephone maupun pesan singkat masih tidak memberikan tanggapan.

Seperti diketahui  dua pemimpin DPRD Bondowoso maju dalam Pemilihan kepala daerah 2018. Kedua pimpinan itu adalah Ahmad Dhafir dari PKB yang menduduki posisi Ketua DPRD, maju sebagai bacabup didampingi oleh Sekertaris Daerah, Hidayat. Kemudian, Irwan Bachtiar wakil Ketua DPRD yang maju sebagai bacawabup mendampingi Salwa Arifin, Wakil Bupati Bondowoso. (och)