BONDOWOSO – Pelatihan guide pariwisata telah dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso di Kecamatan Ijen beberapa waktu lalu. Pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta. Agar segera dapat mengawal wisatawan secara legal, saat ini calon guide diusahakan agar mendapat lisensi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa timur.

Kabid Pariwisata Disparpora Bondowoso Adi Sunaryadi menyampaikan pihaknya masih butuh proses untuk mendapatkan lisensi para guide. “Untuk lisensinya kita masih kawal ke propinsi, bukan kabupaten. Karena kita mengadakan pelatihan dengan standar Jawa Timur, mulai pemberian materi dan pelaksanaan jam pelatihannya karena itu adalah syarat mendapatkan lisensi,” jelasnya pada Memo Indonesia, Senin (15/05/2017).

 

Baca Juga : Junjung Tinggi Transparansi, Desa Wirowongso Libatkan Masyarakat dalam Perencanaan Desa

 

Dia mengatakan, Sejauh ini masih tahap awal, yaitu memferifikasi dokumen persyaratan yang di butuhkan. “Seperti KTP, sertifikat dan ijazah pendidian terakhir. Kemudian setelah terkumpul akan diproses lebih lanjut oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur,” tambahnya.

Adi menyampaikan pihaknya akan berusaha agar lisensi itu diproses dengan cepat. Terlebih ketika sesampainya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.

“Kita akan proses pemberkasannya secepat mungkin, paling tidak dalam minggu ini sudah kami kirim. Proses di provinsi paling tidak memakan waktu satu bulan. Kita prediksikan pada bulan Juni nanti lisensinya sudah selesai. Setelah itu, kita akan kawal juga agar dapat bergabung di HPI jawa timur,” pungkasnya. (abr/esb)