Share

SITUBONDO – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI resmi membuka rute pelayaran dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar, NTB, Sabtu (7/5/2022). Hal itupun mendapat apresiasi dari masyarakat, khususnya para sopir truk.

Eko Wahyudi salah satu sopir truk asal Mojokerto ini mengapresiasi langkah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI atas dibukanya rute baru Jangkar-Lembar tersebut. Sebab jarak tempuh yang lebih cepat bila dibandingkan lewat Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

“Kalau dari sini lebih efektif (Pelabuhan Jangkar -red). Terus juga tidak berbahaya, soalnya tidak melewati alas Baluran,” ujarnya.

Baca Juga : Terima Keluhan Warga di 4 Kecamatan tentang Medco, Pemkab Sebut Akan Bersurat

Lebih lanjut, pria 46 tahun ini berharap rute Jangkar-Lembar bisa dipermanenkan. “Kalau sudah seperti itu saya meyakini banyak diminati oleh masyarakat. Insyaallah bakal rame disini daripada di Ketapang,” tegasnya.

Eko mengungkapkan, untuk fasilitas di Pelabuhan Jangkar dan Pelabuhan Ketapang bisa dikatakan sama. “Kalau kelengkapan sama saja mas. Cuman kalau masalah jarak tempuhnya lebih dekat sini daripada lewat Ketapang,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menuturkan, rute Jangkar-Lembar ditempuh dalam waktu 11 jam saja. “Itu artinya lebih cepat 2 jam bila dibandingkan dengan Ketapang-Lembar yang memakan waktu 13 jam,” ucapnya. (Ozi)