Share

BONDOWOSO – Pengelolaan Cafe Kopi Arabica milik Pemkab oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) banyak mendapat sorotan. Terkait hal itu, Diskoperindag berkilah jika cafe tersebut nanti akan dikelola oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Menurut Kabid Usaha Perdagangan Diskoperindag Bondowoso Suhartono, aset pemerintah yang berada tepat di pusat kota itu akan dialihfungsikan menjadi outlet. Tujuannya memudahkan wisatawan agar dapat membeli kerajinan dan oleh-oleh secara langsung.

Untuk dapat membeli produk secara langsung, cafe dan showroom tersebut akan dialihkan statusnya menjadi outlet dan akan di kelola langsung oleh Dekranasda Bondowoso. Namun pengalihan itu masih menunggu turunnya surat keputusan (SK) dari Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), yang masih membutuhkan waktu untuk mengkajinya.

 

Baca Juga : Terkesan Asal-asalan, Cafe Milik Diskoperindag Ini Dikeluhkan

 

“Nanti ada perubahan, nanti akan dikelola oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Dan saat ini masih menunggu SK, yang sejak tahun 2016 sudah diusulkan. Kerena masih dikaji, SK-nya sampai saat ini masih belum turun,” ungkap Suhartono ketika ditemui Memo Indonesia.

Dia juga memberikan informasi bahwa Dekranasda selaku dewan kerajinan sudah mendapat mandat langsung dari daerah untuk mengelolanya. Dekranasda selaku pengelola mempunyai hak untuk menentukan apakah outlet tersebut akan di pihak ketigakan atau tidak nantinya.

“Pemkab sudah memandati Dekranas untuk mengelolanya menjadi outlet. Ketika nanti dipegang deskranas, ya di sana akan ditentukan apakah akan dikelola sendiri atau mau dipihak ketigakan,” paparnya.

 

Baca Juga : Sepi Peminat, Begini Penampakan Cafe Milik Pemkab Bondowoso

 

Suhartono juga mengakui bahwa hingga saat ini aset pemerintah itu masih belum bisa menyumbang PAD. “Memang kami tidak bisa memaksimalkan dan tidak bisa menyumbang PAD karena masih melekat yang namanya showroom itu. Kemungkinan kalau sudah menjadi outlet, bisa menyumbang PAD,” pungkasnya. (abr/esb)