Share

SITUBONDO – Masyarakat Kabupaten Situbondo, Jawa Timur tidak lagi harus susah-susah atau mengeluarkan biaya mahal dari setiap pelayanan dasar yang diberikan pemerintah. Hal ini setelah Polres Situbondo bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Situbondo telah memiliki program baru bernama ‘Simple Puter’

Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, mengatakan Program ‘Simple Puter’ merupakan program pelayanan publik terpadu. “Program ini berorientasi proaktif terhadap masyarakat, tujuan dari program ini memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan semakin terjangkau,” jelas Sigit saat melaunching program ‘Simple Puter’, akhir pekan lalu (8/4).

Menurut Sigit ‘Simple Puter’ sesuai dengan UU nomer 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Selain itu juga selaras dengan jiwa membangun Pemda Situbondo seperti yang ada dalam mars Situbondo. Nantinya dengan adanya ‘Simple Puter’, pelayanan yang mendatangi tempat – tempat berkumpulnya masyarakat atau membangun desa terlebih dahulu baru kemudian membangun kota.

“Umumnya membangun kota dulu baru kemudian desa mengikuti. Mari kita coba membalik yaitu membangun desa terlebih dahulu baru kemudian kota, karena jiwa membangun yang sesungguhnya pelayan seperti kita yang mendatangi masyarakat,” paparnya.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto menyambut baik program tersebut. Menurutnya program ini akan semakin mempererat atau bersinergi antara kepolisian dan Pemerintah daerah dengan memberikan pelayanan bersama.

”Dalam Simple Puter itu Ada 21 pelayanan, seperti Pengurusan Perpanjangan SIM atau STNK, Surat menyurat perijinan, kesehatan dan lain-lain di tempat berkumpulnya masyarakat terutama di malam liburan, yang selama ini masyarakat enggan datang ke kantor-kantor. Intinya kami ingin tingkat kepuasan masyarakat semakin baik,” jelas Bupati. (yud/esb)