Salah satu petugas saat melakukan pengecekan di sejumlah selokan dekat kamar yang akan ditempati oleh calon jemaah haji,diAsrama Haji Embarkasi Surabaya,Kemarin.

SURABAYA – Sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melakukan pengecekan semua fasilitas Asrama Haji Embarkasi Surabaya di Jalan Manyar Kertoadi 6,Surabaya.Pengecekan tersebut dilakukan jelang musim pemberangkatan haji 2017 sebelum ditempati oleh calon jemaah haji, kemarin.

Seperti fasilitas tempat kesehatan, kamar mandi, sofa, tempat tidur, kran air, dapur, dan kebutuhan air. Serta tempat sampah, dan selokan yang ada di sekitar lingkungan Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes). Hasilnya, masih banyak yang harus dibenahi, sebelum ditempati calon jemah haji.

Contohnya, selokan ternyata kondisinya harus dibersihkan, karena masih banyak kotoran, seperti lalat dan ulat. Seharusnya, harus dibersihkan setiap hari, agar tidak mengganggu kesehatan, waktu ditempati oleh calaon jemaah haji.

Kemudian, sampahnya tidak ada kantong plastik. Seharusnya, setiap tong sampah harus ada kantong plastik, dengan tujuan untuk kebersihan, dan mempermudah saat sampah sudah penuh bisa diambil langsung dan dibuang. Dengan kondisi kantong sampah sudah terikat, dan tidak mengganggu kesehatan calaon jemaah haji.

 

Baca Juga : Bupati Amin: Gini Ratio Bondowoso Hanya 0,27

Mengenai temuan tersebut, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Asrama Haji Embarkasi Surabaya Samsul Anam mengaku, akan segera melakukan evaluasi hingga pembenahan. Dengan cara akan memperbaiki oleh tukang yang sudah ada setiap saat untuk melakukan pembenahan di sekitar area Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

“Saat ini tukangnya masih bekerja melakukan pembenahan semua fasilitas yang ada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, sebelum ditempati calon jemaah haji,” katanya kemarin.

Sedangkan mengenai temuan lalat atau lalat di selokan dan tong sampah yang tidak ada kantong sampah,Ditambahkannya nantinya akan segera dibenahi.

“Iya ini terus dibenahi. Termasuk selokan itu akan dibersihkan, dan tong sampah akan diberi kantong sampah plastik lebih besar. Agar nantinya saat calon jemaah haji sudah di asrama haji kesehatannya tidak terganggu. Nantinya juga akan dilakukan penyemprotan atau fogging di semua fasilitas yang ada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya,” pungkasnya.(sga)