BONDOWOSO – Komisi II DPRD Bondowoso melakukan sidak ke pasar induk setempat untuk melihat kondisi dan penataan pedagang, Kamis (21/1/2021).

Sidak itu diwarnai kericuhan antara pedagang pasar sore dan sejumlah petugas pasar. Kericuhan tersebut bahkan terjadi hingga dua kali.

Yakni saat tiba-tiba sejumlah pedagang pasar sore naik ke lantai atas dan menemui langsung anggota DPRD. Mereka lantas mengajak sejumlah dewan untuk melihat lapak yang disediakan Pemkab.

Saat di lantai atas sesama pedagang daging ayam saling adu mulut. Hingga nyaris adu jotos.

Selanjutnya, saat para legislator tersebut turun ke lokasi bawah kembali terjebak dalam kerumunan kedua kelompok pedagang yang tak mau mengalah.

Bahkan hampir terjadi adu fisik antara pedagang dengan petugas. Di tengah kericuhan bahkan ada seorang pedagang yang bersujud pada anggota dewan yang hadir.

Beruntung kericuhan itu berhasil diredam oleh anggota DPRD yang hadir.

Siti Aisyah (40), salah satu pedangan daging ayam ini mengatakan, bahwa dirinya menginginkan jika pasar sore tetap ada dan berada di bawah Pasar Induk Bondowoso.

“Intinya tetap ada seperti dulu, seperti tahun kemaren, memang pasar sore kan sudah ada,” kata Aisyah.

 

Baca Juga : Jatah Dosis Pupuk Per Hektar Dikurangi, Dispertan Akui Perlu Periksa ke Lapangan

 

Wakil Ketua Komisi, A Mansur, menerangkan, dari hasil tinjauan kali ini pihaknya telah menyerap beberapa aspirasi dari para pedagang. Dan melihat situasi dan kondisi dilapangan.

“Semuanya sudah menjadi masukan kita, sehingga nanti ini menjadi bahan evaluasi kita di komisi II yang akan merekomendasikan ke pimpinan,” katanya.

Sementara adanya kios yang kosong, kata Politis PKB itu, pihaknya telah menyampaikan pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) agar kios yang kosong segera dibuka.

“Tidak ada kios yang hanya dijadikan tempat penimbunan barang saja,” jelas Politisi PKB Bondowoso tersebut.

Pihaknya mengaku akan melakukan sidak lagi, untuk melihat kondisi pasar di malam hari.

“Kita segera melakukan itu,” imbuhnya.(och)