Share

BONDOWOSO – Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Syamsul Bahari, memastikan bahwa persiapan keberangkatan jemaah calon haji Jawa Timur sudah 99 persen.

“Satu persennya itu cuma ada beberapa masalah teknis, seperti pengumpulan dokumen. Ya mudah-mudahan dengan koordinasi kerja terhadap semua lini, dari kementerian perhubungan, Pemda, secara sporadis mengawal tamu-tamu Allah,” harapnya.

Ia menyarankan jamaah untuk terus menambah ilmu (khususnya tentang berhaji) agar dapat melaksanakan ibadah dengan maksimal. Selain itu, setiap JCH diminta untuk mempersiapkan diri sejak sekarang karena kekuatan fisik sangat dibutuhkan ketika menjalani ibadah haji nanti.

“Berharap calon jemaah haji, persiapkan segala sesuatunya, luruskan niat, sederhanaakaan cara bersikap dan berpikir,” tuturnya.

Di Jawa Timur jemaah calon haji yang akan berangkat adalah 35.035 jumlah ini juga meliputi CJH asal Bali dan NTT. “Ini nanti 81 kloter, dari NTT satu kloter, dari Bali satu setengah kloter. Lima kloter awal berangkat tanggal 28 Juli 2017,” pungkasnya. (och)