BONDOWOSO – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas II B Bondowoso Ade Kusmanto resmi digantikan oleh Djoko Budi Setianto Rahmat yang dipindahkan dari Lapas kelas II B Muara Bungo. Sementara Ade Kusmanto akan menjabat sebagai Kabag Humas dan protokol kantor Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kemenkumham di Jakarta. Acara serah terima jabatan tersebut dilangsungkan di lapas Bondowoso, Sabtu (21/10) sore.

Semenjak dilantik Ade Kusmanto terhitung menjabat selama 9 bulan 21 hari. Dalam acara sertijab tersebut Ade Kusmanto menyampaikan bahwa Lapas Bondowoso memang bukanlah lapas yang terbaik. Namun ia mempunyai keyakinan bahwa lapas Bondowoso merupakan lapas yang mampu menghasilkan output warga binaan yang mempunyai nilai religius.

“Lapas Bondowoso adalah lapas yang religius semoga akan bisa dikembangkan dan melahirkan para santri dari lembaga pemasyarakatan Bondowoso,” ungkapnya.

Ia pesan agar Kalapas baru mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan sebaik-baiknya dengan setiap pihak dan instansi yang ada serta melanjutkan program-program kegiatan yang telah berjalan dengan baik. Tak lupa Ade mengucapakan permohonan maaf apabila ada salah sikap yang selama ini ia perbuat sejak menjabat di Bondowoso.

Sementara penggantinya, Djoko Budi Setianto  menyampaikan bahwa selaku Kalapas baru, dirinya sangat mengharap arahan Ade untuk tetap menjaga lapas Bondowoso yang dikenal religius serta dapat menjalankan amanah yang telah Kalapas sebelumnya titipkan.

“Ijinkan saya memperkenalkan diri saya senantiasa mohon bimbingan untuk melanjutkan kinerja pak Ade menjadikan warga binaan di sini lebih religius dan kepribadian lebih baik. Jangan segan-segan juga untuk menegur saya bila salah,” pungkas Djoko dalam sambutannya. (abr)