BONDOWOSO – Sebanyak 135 desa di Bondowoso disebut siap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD sebelum hari raya Idul Fitri. Jumlah ini disebut terus bergerak, karena hampir setiap malam banyak desa yang menggelar Musdes.

Hingga, Rabu (20/5/2020) pukul 13.30 WIB, sudah ada 30 desa di kabupaten Bondowoso telah mencairkan BLT-DDnya. Yakni di Kecamatan Pujer (11 desa), Wringin (1 desa), Wonosari (4 desa), Klabang (7 desa), Pakem (2 desa), serta Ijen (2 desa).

“Selebihnya Insyallah akan disalurkan hari Kamis, Jum’at, Sabtu, atau sebelum hari raya. Total ada 135 kurang lebih desa yang akan menyalurkan BLT-DD sebelum hari raya,” Demikian disampaikan oleh Abdul Ghafur Bahri, PIC BLT-DD Kabupaten Bondowoso.

Ia menerangkan desa-desa yang belum bisa menyalurkan BLT-DD sebelum lebaran karena memang masih dalam pelaksanaan Musdes. Kemudian data primernya juga belum terpenuhi.

 

Baca Juga : BLT DD Semua Desa di Kecamatan Pujer Cair, Ini Pesan Bupati Salwa

 

Sementara itu, Koordinator TPP P3MD Bondowoso
Drs.Sutrisno mengatakan, desa-desa yang bisa menyalurkan BLT-DD sebelum hari raya harus menyesuaikan sejumlah persyaratan.

Salah satunya, yakni masih adanya sisa DD tahap satu. Artinya, bagi desa yang DD tahap pertamanya telah habis. Maka penyaluran BLT-DD nya baru bisa dilakukan setelah lebaran.

“Kalau kemudian sudah habis, tidak bisa. Berarti kan harus menggunakan DD tahap dua,”ujarnya.

Masing-masing penerima memperoleh bantuan yang menjadi inisiasi dari Kemendes di tengah pandemi Covid-19 itu, sebesar Rp 600ribu setiap bulannya selama tiga bulan ke depan.

” Jika memungkinkan non tunai, itu kan butuh waktu kemarin itu, ada beberapa yang tunai. Karena tidak memungkin salur. Di beberapa desa yang lain, kemungkinan besar bisa disalurkan dengan non tunai,”pungkasnya.(och)