Share

BONDOWOSO – Seorang tenaga kesehatan Bondowoso yang bekerja di RS. Elizabeth Situbondo terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien positif yang berasal dari Kecamatan Prajekan itu disebut kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Situbondo.

Menurut M.Imron, juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bondowoso, dengan bertambahnya satu kasus virus corona maka total ada 21 orang Bumi Ki Ronggo yang terkonfirmasi positif.

Rinciannya yakni, seorang meninggal dunia, tujuh orang sembuh, lima orang sehat, dan delapan orang tengah menjalani perawatan.

“Delapan orang yang dirawat itu dirawat di RS Bhayangkara, ada yang di RSUD Koesnadi, dan di Klinik Paru dan Jantung, dan RS di Situbondo,”urainya.

Adapun pasien dalam pengawan (PDP) ada 10 orang. Satu diantaranya disebut masih dalam pengawasan.

 

Baca Juga : Seorang Lagi Positif Covid-19, Total Jadi 21

 

Ia pun menyebutkan bahwa dengan dalam peta sebaran peta Covid-19 Provinsi Jawa Timur per 17 Juni 2020 Kabupaten Bondowoso kini telah masuk dalm zona kuning. Artinya, resikonya kenaikan kasus rendah.

“Penetapan ini dari pusat,”kata Imron pada Memo Indonesia, Kamis (18/6/2020).

Ia menjelaskan bahwa warna peta berdasarkan indikator kesehatan gugus tugas pusat. Yang mana sumber data untuk menghitung indikator berasal dari data surveilans dan database Rumah Sakit Online (RS Online) Kementerian Kesehatan.

Data masuk setiap hari, namun data yang dianalisis merupakan data kumulatif mingguan, status risiko kenaikan kasus akan diupdate setiap minggu.

Setiap indikator yang meliputi indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat,
dan pelayanan kesehatan diberikan skoring dan pembobotan lalu dijumlahkan.

“Hasil perhitungan dikategorisasi menjadi 4 zona risiko. Untuk kuning itu zona risiko rendah 2,5 – 3,0″pungkasnya.(och)