Share


BONDOWOSO – Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ketua DPRD Bondowoso,  Ahmad Dhafir. Pria kelahiran Bondowoso, 12 November 1960 ini berulang tahun hari ini.

Tak terasa usianya menginjak 57 tahun. Namun semangatnya tetap menggelora. Mungkin itu rahasianya ia tetap awet muda.

Terhitung sejak tahun 1992, pria yang suka dengan olahraga enduro ini sukses meniti karir sebagai anggota DPRD Bondowoso.

Tiga periode berturut-turut, Ahmad Dhafir dipercaya mewakili suara masyarakat Bondowoso. Amanah itu dijawab Ahmad Dhafir dengan selalu memprioritaskan kepentingan rakyat demi memperjuangkan kebutuhan dasar masyarakat.

Berkat jiwa kepemimpinannya yang cemerlang sebagai Ketua DPRD membuat Ahmad Dhafir dipercaya penuh menjadi Ketua DPRD Bondowoso selama tiga periode. Hingga saat ini, kepemimpinan Dhafir masih tak terganti. Dia masih dipercaya menjadi nakhoda DPRD untuk mendengar aspirasi rakyat.

Banyak yang menyebut nama Ahmad Dhafir sebagai “The Next” Bupati Bondowoso 2018. Namun, dia tetap merendah, Dia tidak menggantungkan ambisi menjadi Bupati. Bagi Djafir, yang paling penting di atas segalanya adalah pengabdian.

“Semua ini adalah petunjuk para ulama. Saya tidak bisa memutuskan sendiri. Meski pun secara organisasi saya bisa saja melangkah. Ini kan menyangkut kepentingan umat. Saya pasrah kepada Ulama,” ungkapnya.

Hal yang membuat Ahmad Dhafir terketuk meniti karir di dunia politik adalah berkat nasehat gurunya yang mengatakan, kelak ketika Dhafir pulang harus mengabdi kepada umat. Dari latar belakang pendidikan dan pengalamannya selama bertahun-tahun belajar di Pondok Pesantren, Ahmad Dhafir telah mengantongi banyak bekal sebagai prinsip menjadi seorang pemimpin.

“Petunjuk kiyai setelah saya pulang dari pondok adalah mengabdi kepada umat,” katanya.

Pasca nyantri ia mengabdi untuk umat sebagai Ketua MWC NU Grujugan. Sebelum menata karir di dunia politik, Ahmad Dhafir adalah sosok yang aktif berorganisasi. Dhafir dikenal sebagai pribadi yang loyal terhadap organisasi.

Berkat jejak rekam pengabdiannya kepada NU, tak heran ketika Dhafir digadang-gadang oleh banyak ulama untuk menghantarkan Dhafir kepada amanah yang lebih besar. Yakni sebagai Bupati Bondowoso.

Selamat Ulang Tahun Sang Pemimpin. (abr)