BONDOWOSO – Sekretaris Daerah Bondowoso Syaifullah memastikan warga Bondowoso yang bekerja di Pabrik Salem Situbondo selalu terpantau kondisi kesehatannya. Rencanya akan dilakukan pengecekan kesehatan maupun observasi secara berkala kepada mereka sebelum berangkat maupun sepulang bekerja.

“Tadi saya sudah minta Kadis Perijinan. Nanti akan dilakukan SOP sesuai Dinas Kesehatan,” ungkapnya saat ditemui di Lapas Bondowoso, Selasa (31/3/2020).

Sekda Syaifullah menjelaskan, kurang lebih ada dua ratus warga Bondowoso yang bekerja pada PT. Salem Situbondo. Pekerja terdiri dari beberapa Kecamatan, umumnya Kecamatan Sukosari, Wonosari dan Grujukan.

“Ada lima bis. Kalau satu memuat empat puluh orang, ya sekitar dua ratus orang itu,” jelasnya.

 

Baca Juga : Antisipasi Corona, Masuk Pasar Hewan Bondowoso Dicek Suhu Tubuh

 

Sekda Syaifullah menegaskan tengah berkoordinasi dengan stake holder terkait penanganan khusus kepada pekerja pabrik udang. Salah-satunya untuk memastikan beberapa titik penjemputan karyawan yang nantinya akan dijadikan lokasi obserasi.

“Nanti di titik itu akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dan lain-lain. Termasuk bis yang digunakan juga akan disemprot,” katanya.

Selain itu, Ia juga telah memastikan PT. Medco Power Indonesia yang berada di Kecamatan Ijen sudah melakukan SOP sesuai perintah Dinas Kesehatan Bondowoso. Sebab, sopir-sopir truk yang bekerja pada Medko perlu diwaspadai karena tak menutup kemungkinan datang dari luar kota.

“Medco juga saya telah anjurkan untuk mengikuti SOP Dinas Kesehatan,” pungkasnya. (abr)