BONDOWOSO – Sekretaris Daerah Bondowoso Syaifullah mengimbau pemilik usaha toko baju menyediakan tempat cuci tangan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebab, tempat usaha yang menjadi aktivitas jual-beli disinyalir rawan penyebaran virus mematikan tersebut.

Sekda Syaifullah menjelaskan, pemilik toko juga diharuskan mengingatkan masyarakat melalui pengeras suara untuk memakai masker dan menjaga jarak antar satu sama lain.

“Selain itu kita minta untuk pembeli juga diatur yang masuk agar tidak terlalu menumpuk,” paparnya usai melakukan pembinaan kepada puluhan pemilik toko disepanjang Pecinan di Pendapa Bupati, Selasa (19/5/2020).

 

Baca Juga : Polres Bondowoso Tangkap Warga Pembuat Serbuk Mercon

 

Syaifullah menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bondowoso belum mengambil kebijakan melakukan penutupan toko. Namun begitu, dirinya meminta peran aktif pelaku usaha membantu dengan merespon dan harus berinisiatif mengantisipasi pandemik Covid-19.

“Tolong ini demi keselamatan bersama,” pintanya.

Apabila dikemudian hari ditemukan karyawan toko setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan positif corona, maka toko yang bersangkutan akan ditutup.

“Juga karyawannya semua akan diisolasi dan keluarga dan kerabatnya di rumah akan diperiksa,” pungkasnya. (abr)